Puskesmas Belalau Lampung Barat Awasi Penerapan Prokes di Acara Pernikahan

73

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT –Tenaga Kesehatan (Nakes) UPT Puskesmas Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), ikut berpartisipasi dalam mengawasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) pada acara pesta pernikahan yang digelar di Dusun Kampung Sawah, Pekon Sukarame, Senin (28/9/2020).

Dalam acara pernikahan tersebut Nakes asal Puskesmas Belalau turut mengawasi masyarakat yang hadir sebagai undangan, memeriksa suhu tubuh para undangan termasuk menyediakan masker dan alat cuci tangan di lokasi.

Kepala UPT Puskesmas Belalau, Romaita mengatakan, partisipasi Nakes Puskesmas Belalau ini merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada acara pesta pernikahan yang dilakukan pemerintah daerah dan Tim gugus tugas penanganan Covid-19, seiring meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lambar saat ini.

BACA JUGA:  Musa Ahmad: Sebagai Pelayan Jangan Minta Dilayani

“Berbagai upaya Pemerintah Daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya yakni mengawasi penerapan protokol kesehatan pada acara pesta pernikahan seperti sekarang ini,” kata dia.

Romaita menjelaskan, tenaga kesehatan UPT Puskesmas Belalau melakukan penerapan protokol kesehatan pada tamu undangan, selain menganjurkan para tamu undangan untuk menggunakan masker, juga mengimbau para tamu mencuci tangan sebelum memasuki ruang pesta.

“Kita juga melakukan pengukuran suhu tubuh, jika ada diantara para tamu undangan yang suhu tubuhnya diatas batas normal maka tamu tersebut akan kita persilahkan pulang dan tidak diperkenankan memasuki lokasi pesta,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Dinas Perkebunan Way Kanan hadiri Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dana Dukungan Peremajaan Sawit

Kegiatan pengawasan penerapan Protokol Kesehatan tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat setempat tak terkecuali tuan rumah pada acara tersebut.

“Adanya pengawasan seperti ini bisa membuat para tamu undangan dan juga tuan rumah lebih tenang, para tamu undangan yang datang tidak terlalu khawatir, karena setiap orang yang memasuki lokasi pesta telah diperiksa oleh tenaga kesehatan, sehingga mudah-mudahan acara bisa berjalan lancar tanpa adanya yang terpapar Covid-19,” pungkas Rinto yang juga selaku tuan rumah pada acara tersebut. (Hendri)