Tanaman Sorgum Literasi Lampung Barat Mulai Tunjukkan Hasil

60

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Tiga pekon yakni Pekon Mekarsari, Pagardewa, dan Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dijadikan lokasi penanaman sorgum.

Bahan dasar makanan pokok jenis Tepung yang diprakarsai komunitas literasi (Lamban Baca) Lambar, kolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Pagardewa, menunjukkan hasil yang sangat penggembirakan dengan tumbuh suburnya tanaman dan telah berbuah lebat.

Dikatakan Febri penggiat Literasi Lambar, ajakan budidaya tanaman sorgum , sebagai dukungan kepada Pemkab Lambar tentang program Pangan Mandiri (PM). “Kami mencoba mengajak masyarakat membudidayakan sorgum ini karena lahan di kabupaten ini yang sangat subur, sehingga menjadi potensi besar budidaya tanaman bahan makan pokok tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Ikuti Penilaian Tahap II PPD 2023

Dan ternyata saat ini tanaman yang di kembangkan di Tiga pekon itu dengan masing-masing lahan seluas Setengah hektar, menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan pertumbuhan yang subur dan bauh yang lebat.

Sebagai tindaklanjutnya, kata Febri. Literasi Lambar akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada ibu-ibu ditiga pekon itu tentang sistem pengolahan sorgum menjadi tepung.

Diulas Febri, tanaman sorgum menjadi solusi dalam menjaga ketahanan pangan ditengah situasi Panedemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dengan harapan masyarakat memanfaatkan lahan kosong, seperti halaman atau lokasi-lokasi perkebunan yang masih begitu luas.

“Harapan kita kedepannya sorum ini menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan lahan yang begitu luas, sehingga semua lahan bisa digarap secara produktif dengan ragam tanaman untuk ketahanan pangan.

BACA JUGA:  Dibangun Pertengahan 2021, Estimasi Anggaran Pembangunan Stadion Internasional Tubaba Rp 50 Miliar

Terpisah Camat Pagardewa, M.Yones, S.Stp, M.H., mengapresiasi keseriusan pihak pekon bersama kader-kader dalam penanaman sorgum tersebut. “Alahamdulilah apa yang kita tanam itu yang akan kita petik. Semoga atas usaha penanaman sorgum salah satu dari program Pangan Mandiri Kabupaten Lampung Barat kedepan akan menjadi salah satu sumber pengahsilan masyarakat tani. Sebagaimana perkebunan kopi, hortilultura, hingga padi yang ada di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini,” harapannya.

Terkait itu Yones minta kepada literasi lambar untuk betul-betul menjadi pihak berjasa dalam pengebangan tanaman sorgun tersebut. (Salammun)