Pemkab Tanggamus Peringati HCTPS Sedunia

18

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar Apel Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Ke 13 tahun 2020 di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (15/10/2020).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tanggamus, Dewi Handajani dan dihadiri oleh Wakil Bupati AM. Syafi’i, Porkofimda, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Inspektur Ernalia, Para Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP/GOW Ny. Nuraini Lubis, Danramil Kotaagung, Para Peserta Apel, dan Insan Pers.

Dengan Tema Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia (HCTPS) tahun ini
adalah “Putus Rantai Penularan Covid-19 dan Cegah Stunting dengan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir”.

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, memberikan apresiasi kepada jajaran tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, dan Dinas Kesehatan yang menginisiasi dan menggerakkan peringatan hari cuci tangan sedunia tingkat Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:  GLD Lampung Barat Umumkan Karya Terbaik Lomba Menulis Pengunjung Lamban Baca

Menurut dia, kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan Covid-19, dan upaya mencegah stunting.

“Peringatan HCTPS sedunia, merupakan momen penting untuk mengampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, karena berdampak positif pada upaya mencegah penularan Covid-19, dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting sehingga kualitas sumber daya manusia (SDM) diharapkan dapat meningkat,” ujar Dewi.

Dikatakan Bupati, momen ini juga sangat tepat sebagai penguat bagi pelaksana surat edaran Bupati Tanggamus pada 31 Agustus 2020 tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, dan Peraturan Bupati Nomor 55 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan Baru menuju masyarakat produktif dan aman Vovid-19, yaitu menyuarakan kembali slogan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun di air mengalir memakai masker dan menjaga jarak.

BACA JUGA:  Bupati Mesuji Pimpin Upacara HUT RI Ke-75

“Pandemi Covid-19, sampai saat ini belum berakhir dan secara epidemiologi belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir. Hal itu, dibuktikan dengan jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat, salah satunya di Kabupaten Tanggamus per 13 Oktober 2020 berjumlah 39 orang yang terkonfirmasi positif virus corona,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga Bupati Tanggamus, Dewi Handajani secara simbolis menyerahkan sabun cuci tangan, handsanitizer dan antiseptik dari Jajaran TP-PKK dan Dinas Kesehatan kepada masyarakat kabupaten setempat.(Andi/rls)