Dispusarda Kota Metro Launching Program NGOPI 

14

HEADLINELAMPUNG, METRO-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro melaunching Program Ngobrol Bareng Seputar Literasi (NGOPI).

Kegiatan tersebut,  ditandai dengan launching logo NGOPI, karya desainer Aditya Wardhani), akhir pekan lalu.

Kepala Dispusarda Kota Metro, Syachri Ramadhan menjelaskan, dalam launching tersebut, juga digelar diskusi dengan tema “Filosofi Kopi dan NGOPI” dengan menghadirkan nara sumber Aditya Wardhani art director @kula_kreativa, dan pembuat desain logo NGOPI, serta Fahuri Wherlian, Ketua Koperasi Fine Robusta Lampung, yang juga owner @wartakopi Lampung.

“Kegiatan ini, diikuti oleh peserta seluruh organisasi perangkat daerah Kota Metro, dan pelaku usaha cafe serta beberapa komunitas di Bumi Sai Wawai,” kata Syachri Ramadhan, Senin (19/10/2020).

BACA JUGA:  Warga Tiga Desa di Raman Utara Terima Sertifikat Tanah

Dijelaskannya, NGOPI merupakan strategi pengembangan layanan informasi dan aktivitas promosi melalui talkshow, membahas isu-isu popular yang berkembang di masyarakat dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya.

“Program NGOPI dapat juga menjadi media untuk acara literasi interaktif lainnya, seperti bedah buku serta dan dapat dimanfaatkan oleh stakeholder perangkat daerah untuk mensosialisasikan program kerjanya dengan nara sumber yang kompeten, sesuai tema yang diangkat serta melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait lainnya,” papar dia.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19 di Mesuji, Budi Yuhanda Bagikan Masker dan Jahe

Menurut Syachri, NGOPI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk merubah paradigma literasi yang identik hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis menjadi sebuah budaya memahami, menganalisa, menggunakan dan mentransformasi teks yang dikemas secara menarik, menyenangkan, terbuka, interaktif, dan inklusif guna meningkatkan budaya literasi di Kota Metro.

“Sehingga diharapkan program NGOPI dapat mendukung terwujudnya visi Kota Metro sebagai kota pendidikan,” ungkapnya. (dwi)