MTs Al Ikhlas Lampung Barat Gelar Bimtek Implementasi Pembelajaran E-Learning

44

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Pajar Bulan, Lampung Barat (Lambar) menggelar bimtek pembelajaran e-learning mata pelajaran Fiqih secara zoom meeting yang diselenggarakan Kemenag RI, Rabu (21/10/2020).

Peserta Bimtek yang diadakan di Mts Al-khlas yaitu guru mapel fikih diantaranya berasal dari Mts Al-Ikhlas,Mts Nurul iman, Mts Al-Furqon,Mts raoudlotus sholihin,Mts Al-Muhajirin,Mts Al-falah,Mts Darussalam,Mts yapsi dan Mts R.j.

“Kemenag telah menerbitkan KMA No 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah,” ujar Dit KSKK Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan kemenag RI Ahmad Hidayatullah.

BACA JUGA:  Kodim 0429/Lamtim Gelar Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten

Selain itu, diterbitkan juga KMA 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Kedua KMA ini akan diberlakukan secara serentak pada semua tingkatan kelas pada tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian, mulai tahun ajaran ini KMA 165 tahun 2014 tidak berlaku lagi.

Dari Kurikulum ini peserta didik diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup bersama yang multikultural, multietnis, multi paham keagamaan dan kompleksitas kehidupan secara bertanggung jawab, toleran dan moderat dalam kerangka berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Siapkan Dana Tukin ASN Rp3 Miliar

KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam implementasi

kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Serta kegiatan bimtek ini dilaksanakan selama dua hari sejak hari ini sampai besok saya minta kepada guru dapat mengikuti bimtek ini dengan khusuk dan tenang,

“Diharapkan semua guru madrasah agar dapat berinovasi guna menciptakan peserta didik yang mampu bersaing di kancah pendidikan,” pungkasnya. (Salamun)