Terima Kunjungan Dubes RI untuk Panama, Umar Ahmad Kenalkan Potensi Pariwisata Baru di Tubaba

38

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) RI untuk Panama, Sukmo, di Hotel Berugo Cottage, Komplek Islamic Center, Selasa (27/10/2020).

Rombongan Dubes RI untuk Panama diterima Bupati Tubaba Umar Ahmad, bersama Penjabat Sekkab Novriwan Jaya dan jajaran di Berugo Cottage, sebelum diajak berkeliling sejumlah tempat destinasi wisata baru di kabupaten tersebut.

Dalam kunjungannya, Sukmo mengapresiasi dan memuji Bupati Tulangbawang Barat itu dengan julukan bupati visioner dan anti mainstream. Umar Ahmad dinilai seorang bupati yang memiliki ide brilian.

“Saya kagum dengan konsep pembangunan yang dilakukan bapak Umar Ahmad. Sungguh visioner dan anti mainstream,” ujarnya, di sela kunjungan.

Sukmo juga menyambut baik rencana Bupati Umar Ahmad yang akan menyiapkan lahan seluas satu hektar khusus untuk Dubes RI Panama di kabupaten setempat.

“Kita akan bantu promosikan Tubaba di Panama. Bahkan kepada teman Dubes RI lainnya. Ini penting untuk menjalin kerjasama yang lebih baik di masa mendatang,” terangnya.

BACA JUGA:  Kadisnakertrans Mesuji Hadiri Penyerahan Bansos oleh LPK-LN Bintang Permata Lestari

Sementara, Bupati Umar Ahmad saat berbincang santai bersama rombongan Dubes RI untuk Panama tersebut, menjelaskan, konsep pembangunan Tubaba yang memiliki narasi filosofi dari masa lampau dan kembali ke masa depan.

Tubaba adalah singkatan dari nama kabupaten Tulangbawang Barat. Tubaba adalah kabupaten masa depan yang memiliki mitologi menjaga keseimbangan alam. Bagaimana merawat dan menjaga kelestarian alam, pepohonan dan sumber air, dan hormat menghormati antar sesama.

“Kalau masih sering buang sampah sembarangan artinya itu orang Tulangbawang Barat. Tapi ketika bisa menjaga dan merawat keseimbangan alam dan menjaga melestarikan budaya dan alam, itu baru orang Tubaba,” seloroh Umar Ahmad memberikan salah satu contoh dari filosofi Tubaba tersebut.

Umar juga menjelaskan, konsep pariwisata sebenarnya bukan merupakan konsep awal kabupaten Tubaba. Tapi semata untuk berbenah meningkatkan kualitas baik dari segi potensi dan orangnya sendiri.

BACA JUGA:  Bupati Pesisir Barat Lepas Keberangkatan 39 Calhaj

Selain itu, karena melihat peluang dan besarnya tingkat kunjungan masyarakat luar daerah yang ingin menyaksikan langsung destinasi wisata baru di Tubaba maka secara otomatis masyarakat yang datang menyebutnya tempat wisata.

Melihat peluang tersebut, masyarakat setempat kemudian menyambut baik dengan menyiapkan makanan dan tempat tidur untuk menyambut para tamu dengan pelayanan yang terbaik.

“Kami hari ini merasa sangat bangga dengan kehadiran seorang Dubes RI untuk negara Panama. Kami siap mensukseskan dan mendukung program Dubes RI di luar untuk menjunjung tinggi merah putih,” pungkas Umar Ahmad.

Selama berkeliling, Dubes RI untuk Panama di ajak Bupati Umar Ahmad berkeliling ke Kota Budaya Uluan Nughik dan Las Sengok Tiyuh Karta yang merupakan tempat pariwisata baru di kabupaten setempat. (dra)