Malam Ini, Debat Publik Paslon Sesi Ketiga Digelar, KPU Way Kanan Imbau Saksikan dari Rumah

19

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – KPU Way Kanan akan menggelar Debat Publik sesi ketiga calon Bupati dan Wakil Bupati, di GSG pemkab setempat, Rabu (04/11/2020), pukul 19.30 WIB.

Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Juprius dan Rina Marlina, akan beradu visi-misi dengan nomor urut 2, Raden Adipati Surya dan Ali Rahman, dengan tema ‘Inovasi dan Sinergi Pembangunan Daerah untuk memperkuat NKRI”‘.

Debat ini akan dmoderatori akademisi UIN Raden Intan Lampung. Dr. Erina Pane, SH.MH.

Untuk mengantisipasi banyaknya pendukung masing-masing paslon, seperti pada debat putaran kedua pada 28 Oktober 2020, masih banyaknya kerumunan massa yang tidak patuh protokol kesehatan Covid-19, seperti tidak jaga jarak dan memakai masker, maka KPU, Bawaslu dan Polres Way Kanan membuat kesepakatan bersama.

BACA JUGA:  Momen Karya Bhakti Kodim 0427 Way Kanan, Sasar Pembangunan Fisik dan Nonfisik

“Sebagai hasil evaluasi dari debat putaran kedua yang sudah kami tanda tangani bersama kemarin,” kata Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, Rabu (04/11/2020).

Dalam kesepakatan antara tiga instansi tersebut memuat di antaranya :

1.Debat dilaksanakan oleh KPU Way Kanan dengan mempedomani ketentuan Pasal 59 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2020, bahwa debat publik hanya dihadiri oleh Pasangan Calon, 2 (dua) orang perwakilan Bawaslu Kabupaten, 4 (empat) orang Tim Kampanye pasangan calon, 5 Anggota KPU Kabupaten.

2.Peserta yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

3.Melarang pasangan calon membawa massa pendukung lebih dari 4 orang dan mendorong pendukung menonton via daring dari posko atau rumah masing-masing.

BACA JUGA:  Pasca Lebaran, Pemohon SKCK di Polres Way Kanan Membludak

4.Pengamanan debat publik di GSG Pemkab Way Kanan sepenuhnya di tangan Polri dan TNI, dan berhak mengatur, menertibkan yang tidak berkepentingan di lokasi debat.

5.Kendaraan tidak masuk area GSG, kecuali Ambulance dan mobil keamanan. Pasangan calon turun di pintu luar, Mobil Paslon diarahkan parkir di halaman Pemkab Way Kanan. Saat pulang, mobil diatur secara bergiliran sesuai Nomor urut untuk penjemputan Calon.

6. Di luar GSG tidak disediakan TV monitor untuk menghindari kerumunan.

Diketahui, Debat Publik Putaran Ketiga ini bisa disaksikan langsung tayangannya di akun Facebook KPU Way Kanan dan televisi lokal Lampung. (*/Apriyadi)