Satu Pasien Positif Covid-19 Way Kanan Meninggal, Punya Riwayat Penyakit Gagal Ginjal Kronis

14

HEADLINE LAMPUNG, WAY KANAN – Satu pasien positif Covid-19 asal Way Kanan meninggal dunia, setelah menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Pemerintah.

Kabar tersebut dibenarkan Anang Risgiyanto, Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Way Kanan.

“Ya benar, Informasi kematian kasus terkonfirmasi covid-19 sebagaimana yg di rilis pemerintah Provinsi Lampung adalah benar. Pasien tersebut Nn. IS (P33), Jenis Kelamin: Perempuan, Umur: 23 tahun, Alamat: Gunung Labuhan, Way Kanan,” kata Anang saat dikonfirmasi Headlinelampung, Sabtu (14/11/2020).

Anang menerangkan, adapun kronologisnya pada Tanggal 15 sd 18 Oktober 2020, Nn. IS (P33) berobat dan dirawat di Rumah Sakit Abdul Muluk (RSAM) Bandar Lampung dengan hasil pemeriksaan dari diagnosa Anemia dan SLE dan dilakukan tindakan transfusi darah.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Tinjau Jembatan Rusak di Desa Gebang

“Tanggal 26-10-2020 hari Senin, Nn. IS (P33) kembali ke RSAM untuk kontrol ulang. Namun tidak bertemu dengan dokternya akhirnya pasien pulang lagi ke rumahnya (kampung Bengkulu),” terang Anang.

Tanggal 2-11-2020, hari Senin, Nn. IS (P33) datang ke Puskesmas Gunung Labuhan dengan keluhan badan lemas, nyeri sendi, acites, tidak mau makan dan tidak bisa tidur. Lalu diberikan infus dan pemberian oksigen.

“Kemudian dirujuk ke RS di Baradatu dan dilakukan rapid test dengan hasil Reaktif. Lalu Nn. IS (P33) dirujuk ke RS ZAPA Rujukan Covid-19, dan dilakukan Pengambilan RT PCR Swab.
Tanggal 10-11-2020, hari Selasa, setelah dinyatakan positif covid 19, mendapatkan perawatan kesehatan di Ruang Isolasi Covid-19 RS ZAPA,” beber Anang.

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Gelar Halal Bihalal Virtual dengan Kepala OPD

Anang menjelaskan bahwa, Nn. IS (P33) mempunyai riwayat penyakit Gagal ginjal kronis dan anemia dan selama menjalani perawatan Nn. IS (P33) mengalami penurunan kondisi kesehatan yang tidak stabil.

“Tanggal 13-11-2020, hari Jum’at, pada pukul 23.00 WIB, mendapatkan informasi dari RS ZAPA bahwa Nn. IS (P33) meninggal dunia,” jelasnya.

“Sehubungan Almarhumah Meninggal dalam keadaan Positif Covid-19. Maka tatalaksana selanjutnya Pemakaman Jenazah diberlakukan Secara Protokol Covid-19. Dan saat ini Jenazah sudah dimakamkan di Kampung halamannya disaksikan keluarga dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini di Kabupaten Way Kanan tercatat sudah ada 33 Orang yang terkonfirmasi Positif Covid-19. Diantaranya, Tiga Meninggal Dunia, 6 Masih Menjalani Isolasi dan 24 Sudah dinyatakan sembuh. (* /Migo)