BPBD Tubaba Sosialisasikan Peranan Pemuda Pascabencana

9

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Sosialisasi Peranan Pemuda Pascabencana.

Kegiatan yang diikuti 10 Perwakilan Tiyuh (Desa) se-Kabupaten Tubaba itu digelae di Balai Kelurahan (Pusiban) Panaragan Jaya, Kecamatan Tuba Tengah, Selasa (24/11/2020).

Hadir Sekretaris BPBD Provinsi Lampung Indra Utama, Kabid RR Provinsi Lampung Zaili, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Nisom, Kabid RR Tubaba Puryanto dan 30 peserta perwakilan dari 10 Tiyuh di Tubaba.

Nisom menyampaikan, kegiatan ini merupakan memberikan pembekalan kepemudaan pascabencana.

BACA JUGA:  SMPN 3 Way Tenong Lampung Barat Belum Berpagar, Siswa Tidak Nyaman Belajar

“BPBD Tubaba menggelar sosialisasi terhadap kepemudaan yang terwakili untuk memberikan pembekalan terhadap mereka dalam antisipasi bencana alam,” kata dia.

Adapun pembekalan yang diterapkan terhadap pemuda yang mengikuti sosialisasi, sebagaimana pengalaman yang harus dilaksanakan saat penanganan bencana alam.

“Penanganan yang kita terapkan seperti bagaimana peran kita terhadap masyarakat terdampak bencana, warga yang menjadi korban bencana, upaya menghibur korban bencana dan keaktifan kita dalam kesiapsiagaan untuk penanganan bencana,” jelasnya.

Selain itu dia pun berharap dengan sosialisasi ini pemuda-pemudi Tubaba mendapatkan pembekalan dan ilmu yang bermanfaat.

BACA JUGA:  Bupati Tanggamus Ikuti Rakor Pencegahan Korupsi Terintegrasi Bersama KPK Melalui Vicon

“Saya berharap dengan di gelarnya sosialisasi ini bisa menjadi pembekalan yang bermanfaat dan pemahaman terhadap pemuda Tubaba, karena jiwa kemanusiaan sangatlah penting untuk keaktifan terhadap penangan bencana alam,” kata Nisom.

Ke 10 Tiyuh tersebut yakni Tiyuh Penumangan, Gedung Ratu, pegar dewa gunung terang, gunung katun, kecamatan Lambu Kibang, bandar dewa Panaragan, gunung menanti Sumber Rejo dan kelurahan Panaragan jaya.(Holidin/Elan)