MTs Roudlotus Sholihin Air Hitam Lampung Barat Belajar Demokrasi melalui Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS

120

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Sebanyak 340 siswa dan 15 guru Mts Roudlotus Sholihin gunung terang kecamatan air hitam kabupaten Lambar mengikuti pemilihan pemimpin Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS periode 2020-2021 layaknya sistem pemilu.

Pemilihan ini berlangsung di halaman sekolah Mts roudlotus Sholihin Sabtu (28/11/2020) pagi.

Tujuannya, memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu.

Sesuai dengan arahan Ketua KPU/ pembina Osis Lukman hakim, tentang tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu, para siswa dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), pemilih, panitia pengawas, saksi-saksi, dan pengamanan.

Acara dimulai dengan pemaparan visi dan misi, para siswa itu tampak menyimak dengan seksama pemaparan visi dan misi para calon pemimpin OSIS , kemudian, petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail teknisnya.

BACA JUGA:  Wakapolda Lampung Pimpin Apel di Polres Pesawaran

Adapun saat datang ke TPS para siswa berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas. Siswa lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencontreng.

Satu per satu siswa dari kelas 7, 8 dan 9 memasuki TPS. Setiap pelajar diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut berisi 7 gambar pasangan calon pemimpin OSIS Mts Roudlotus Sholihin tahun 2020-2021.

Setelah itu, pelajar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dengan arahan petugas TPS. Selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara.

BACA JUGA:  Lempar Batu di Jalan Tol, Pidana Penjara 5 Tahun

Kepala Sekolah Mts Roudlotus Sholihin diwakili oleh Mustar Bustomi mengatakan, “Siswa yang dipilih menjadi calon pemimpin OSIS Mts roudlotus sholihin, harus menunjukkan kreativitasnya untuk menarik perhatian teman-teman agar memilihnya”.

“Pemilihan seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa mengikuti rangkaian kegiatan, dari debat, orasi visi misi, hingga memilih di bilik suara”, kata Mustar.

menambahkan Pemungutan suara akan diselesaikan hari ini sampai dengan penghitungan suara dan untuk pelantikan akan dilaksanakan pada esok hari tutupnya”. ( Salamun )