DPRD Gelar Paripurna Persetujuan APBD Tahun 2021

7

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus, menggelar rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan, Persetujuan DPRD dan Pendapat Akhir Kepala Daerah tentang APBD tahun 2021, Senin (30/11/2021).

Paripurna tersebut, Dihadir Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Wakil Ketua I II dan III, para Anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para OPD, Insan Vertikal BUMN dan BUMD, Camat Se Tanggamus, Unsur Partai Politik, APDESI, dan sejumlah wartawan.

Bupati Dewi Handajani mengatakan, sebagaimana yang telah kami uraikan pada saat Penyampaian Ranperda tentang APBD 2021, pada beberapa waktu yang lalu, bahwa penyusunan Ranperda APBD telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok pembangunan, yang merupakan prioritas dan tertuang dalam KUA dan PPAS APBD tahun 2021.

BACA JUGA:  Pembukaan Festival Bambu Tubaba Patuhi Protokol Kesehatan

“Secara umum APBD 2021, disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan kemampuan keuangan daerah, dalam kurun waktu satu tahun. Tentunya, hal ini disesuaikan juga dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Tanggamus, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, dan menyesuaikan dengan program pemerintah pusat dan Pemprov Lampung. Ini merupakan tahun ketiga, dari pelaksanaan RPJMD,” jelasnya.

Dikatakan Dewi, Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus tahun 2021 sebesar Rp1, 899 triliun, dan belanja daerah dianggarkan sebesar Rp1,986 triliun.

Dijelaskanya, belanja daerah tahun 2021 digunakan untuk membiayai program prioritas dalam melaksanakan 55 rencana Aksi De-Sa ASIK, dan di alokasikan untuk pemenuhan kewajiban pemerintah daerah yang diatur melalui peraturan perundangan-undangan seperti pengalokasian dana desa, fungsi pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM, penguatan APIP serta bersinergi dengan Program Prioritas Pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Lampung. Kemudian, pembiayaan daerah sebesar Rp87 miliar.

BACA JUGA:  Bupati Dewi Lantik Kepengurusan IMAMTA Tanggamus

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, maka APBD tahun 2021 tetap dalam kondisi anggaran berimbang antara Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

“Dalam kegiatan evaluasi oleh Gubernur ini, disarankan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tanggamus, untuk ikut hadir bersama-sama, sehingga apa yang menjadi catatan-catatan dan rekomendasi dalam evaluasi tersebut, dapat dipahami dan ditindaklanjuti untuk penyempurnaan bersama,” tandasnya. (Andi/rls)