lUMKM dan Urban Farming, Program Unggulan Anna-Fritz

6

HEADLINELAMPUNG, METRO-Calon Walikota dan Wakil Walikota Metro, Anna Morinda dan Fritz Akhmad Nuzir akan melakukan berbagai trobosan guna meningkatkan ekonomi rakyat.

Salah satu program unggulan Anna-Fritz, yakni  peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan penerapan uban farming mulai tingkat RW menjadi salah satu upaya yang akan dilakukan.

Anna Morinda menyebutkan, data tahun 2017, tingkat pengangguran terbuka Kota Metro mencapai 5,32 persen, dan tingkat Provinsi Lampung yang totalnya mencapai 4,34 persen. Angka ini berdasarkan sumber data Bappeda Kota Metro.

“Jadi, persoalan ini perlu perhatian yang serius dari pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan mewujudkan kedaulatan pangan dengan beberapa program, yang diantaranya ialah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif, UMKM dan pertanian perkotaan, urban farming,” kata Anna Morinda,  pada kampanye kirab di Kelurahan Hadimulyo Timur, Metro Pusat, Senin (30/11/2020).

BACA JUGA:  Balon Walikota Metro Ampian Bagikan Ratusan Masker

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendataan pengangguran usia produktif dan pasca produktif atau lansia. Lalu, melaksanakan pendidikan dan pelatihan keterampilan bekerjasama dengan BLK dan lembaga pendidikan non-formal atau kursus.

Sementara itu, Fritz Akhmad Nuzir menambahkan, pihaknya juga akan menerapkan pemanfaatan lahan kosong atau halaman dan pekarangan rumah melalui program urban farming yang melibatkan ibu rumah tangga dan kaum lansia.

BACA JUGA:  Terima B.1.KWK-Deklarasi saat Hujan Diharapkan Jadi Barokah Pasangan 'Arjuna' di Way Kanan

“Kemudian kami juga menjalankan program pemberian bantuan permodalan atau insentif dengan pemanfaatan tenaga kerja penduduk Metro,” ujarnya.

Tak kalah penting, lanjut Fritz, pihaknya juga  akan membina kaum milenial dalam pemanfaatan platform digital menuju penciptaan start-up di Kota Metro seperti yang saat ini telah berjalan di Jualanmbakanna.id

“Dan tak kalah penting, kami akan mengembangkan kampung Inovasi yang melibatkan tiap dinas atau instansi pemerintahan dengan pemberdayaan masyarakat kelurahaan binaan,” ungkapnya.(dwi)