1.800 Majelis Taklim di Tanggamus Terima Dana Hibah

10

HAEDLINE LAMPUNG, TANGGAMUS-Bupati Tanggamus, Dewi Handajani menyerahkan bantuan dana hibah tahun 2020 kepada Majelis Taklim.

Selain Majelis Taklim, bantuan dana hibah juga diberikan kepada Guru Ngaji, Penceramah, Marbot, dan P3N se-Kabupaten Tanggamus.

Penyerahan dana hibah tersebut, dikemas dalam kegiatan Temu Koordinasi Forum Komunikasi Majelis Taklim (FKMT) di GSG Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Kamis (03/12/2020).

Bupati Dewi mengatakan, bantuan dana hibah diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya para ahli agama seperti Penceramah, Guru Ngaji, P3N, Marbot dan kelompok Majelis Taklim.

“Bantuan ini, selain sebagai bentuk apresiasi Pemda Tanggamus kepada para ahli agama, juga diharapkan dapat membantu para ahli agama yang terdampak pandemi Covid-19, terutama di bidang pangan dan daya beli masyarakat,” kata Dewi.

BACA JUGA:  Polsek Pugung Sosialisasi Inpres No 6 di Pasar Tangkit Serdang

Dijelaskanya, total penerima bantuan dana hibah yaitu Majelis Taklim mendapat porsi terbesar dengan 1.800 Kelompok Majelis Taklim. Karena kita pahami, bahwa peranan majelis taklim dalam kehidupan sangat
penting dan strategis bagi pembinaan serta pembentukan kepribadian insan manusia.

Menurut dia, salah satu tujuan pemberian insentif kepada Majelis Taklim, Guru Ngaji, Penceramah, Marbot dan P3N adalah sebuah bentuk penghargaan kepada
mereka yang berada di garis terdepan dalam mendidik karakter yang unggul dan berakhlak mulia.

“Saya berharap, pengurus majelis taklim bisa membuat inovasi, terobosan yang menantang anggota majelis sehingga bersemangat menghidupkan dan menyemarakkannya. Salah satu contoh, mungkin dengan menjadikan majelis taklim ini sebagai sebuah lembaga keagamaan dan lembaga sosial, dengan membentuk koperasi, atau yayasan dengan mendirikan lembaga pendidikan Islam, seperti sekolah taman kanak kanak, PAUD, dan lain sebagainya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sengketa Tanah Johan Efendi, Pejabat BPN Terkesan Menghindar

Dikatakan Dewi, pemberian bantuan dana hibah ini merupakan salah satu pelaksanaan dari 55 Program Aksi Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus, dimana dalam point rogram Aksi tersebut dinyatakan bahwa akan melakukan pemberian dan peningkatan Insentif Guru Ngaji, Bantuan Operasional Penggiat Keagamaan, Bantuan Majelis Taklim dan Organisasi Keagamaan Lainnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Tanggamus Arpin menjelaskan, sesuai data bantuan dana hibah diberikan kepada 1.800 Majelis Taklim masing-masing menerima Rp500 ribu,
302 Guru Ngaji masing-masing menerima Rp600 ribu, 302 Penceramah masing-masing menerima Rp600 ribu, 37 P3N masing-masing menerima Rp750 ribu, 1.000 Marbot masing-masing menerima Rp200 ribu, dan Sekolah Minggu 40 Orang x Rp750 ribu.(*/Andi)