Diguyur Hujan Sejak Pagi Hari, Satu Pohon Tumbang di Lampung Barat

6

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Peningkatan intensitas hujan disertai tiupan angin kencang yang terjadi khususnya di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), terjadi dalam sepekan terakhir.

Hujan yang mengguyur Lampung Barat sejak pagi hari ini, Sabtu (5/12/2020), menyebabkan salah satu pohon di jalan Radin Intan, tepatnya di depan Kejaksaan Negeri (Kejari) Liwa tumbang, hal ini sempat membuat arus lalu lintas di jalan tersebut macet, beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Mekal Novisa mengungkapkan, pohon tumbang di jalan Radin Intan ini telah dibersihkan, yang dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari TRC, Satgas PB, SAR BPBD Lambar bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Polri, PMI dan dibantu masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Polsek Banjar Agung Tuba Peduli Balita Penderita Tumor Sejak Lahir

“Alhamdulillah sudah kami bersihkan, dan tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian tersebut,” ungkapnya.

Mekal menjelaskan, prakiraan cuaca umum di Provinsi Lampung pada tanggal 5 Desember 2020 memang terjadi angin secara umum bertiup dari arah Barat ke Barat Laut dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-29 Km/Jam), jarak Pandang berkisar antara 5-10 km, kemudian Suhu Udara secara umum berkisar antara 23,0-33,0 °C, bahkan di Lampung Barat berkisar antara 17,0-31,0 °C.

BACA JUGA:  Rekomendasi Bawaslu Pesibar, KASN Beri Sanksi Kherlani

“Secara umum untuk wilayah Lampung diperkirakan berawan pada pagi hari, berpotensi hujan di wilayah Lambar, siang dan sore hari diperkirakan akan turun hujan,” jelasnya

Berdasarkan peringatan dari BMKG, waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Khususnya untuk daerah Lambar cukup rentan terjadi pohon tumbang, karena itu kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada,” pungkasnya. (Hendri)