KPU Lampung Selatan Distribusikan Logistik Pilkada

27

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG SELATAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan mulai mendistribusikan Logistik perlengkapan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ke seluruh Kecamatan, Minggu (6/12/2020).

Pendistribusian tersebut langsung dilaunching oleh Pemkab Lampung Selatan (Lamsel) yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, dan disaksikan Kapolres Lamsel diwakili Wakapolres Kompol Yuspita Ujang, Komisioner Bawaslu.

Dijelaskan Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak, seluruh logistik Pilkada Lamsel 2020 sudah terlengkapi, mulai dari perlengkapan pemungutan suara, perlengkapan lainnya, dan juga alat pelindung diri ataupun perlengkapan penerapan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, Mudah-mudahan tidak ada halangan yang berarti. Sesuai dengan PKPU No 7 tahun 2020, terdapat 2 jenis logistik yaitu perlengkapan pemungutan suara yang diantaranya, kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk memberi tanda pilihan dan TPS,” kata Ansurasta.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Launching Umroh Perdana Langsung Lampung - Jeddah

“Sementara perlengkapan lainnya itu, sampul, kertas, tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban dan saksi, karet pengikat surat suara, lem perekat, kantong plastik, bolpoin, kabel tis, spidol dan formulir, stiker no kotak surat suara, tali pengikat dan alat bantu tunanetra,” imbuhnya.

“Seperti sama-sama kita saksikan tadi, semua jenis logistik tadi sudah berada di KPU Lamsel dan siap didistribusikan ke 17 kecamatan, 1.925 TPS, dan untuk APD itu sudah mulai didistribusikan tanggal 30 kemarin dan sekarang masih terus berjalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ansurasta mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak keamanan atau Polres Lamsel dalam pengawalan dan pengamanan surat suara ketika tiba dilokasi tujuan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam hal pengawalan untuk mengantisipasi atau mencegah hal yang tidak kita inginkan, mencegah terjadinya pergerakan logistik yang tidak sesuai peraturan dan prosedur,” sambung Ansurasta.

BACA JUGA:  Polsek Natar Bekuk Dua Pengedar Shabu

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamsel Supriyanto yang sekaligus melaunching pendistribusian tersebut berharap supaya seluruh proses tahapan Pilkada Lamsel 2020 dapat berjalan dengan baik dengan tidak adanya suatu halangan atau masalah yang berarti.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan kita semua selama ini, penyelenggaraan pilkada ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Supriyanto juga meminta, supaya seluruh pihak yang terlibat termasuk masyarakat Kabupaten Lamsel dapat terus menerapkan protokol kesehatan supaya tidak terjadinya penularan virus Covid-19.

Pilkada kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam pandemi Covid-19, maka dari itu kita sama-sama terapkan protokol kesehatan,” tukasnya. (ricky)