Lulus P3DA Lemhannas RI, Ini yang Dilakukan Wabup Pringsewu

4

HEADLINELAMPUNG, JAKARTA-Gubernur Lemhannas RI, Agus Widjojo menutup program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan XI (P3DA) tahun 2020 di Gedung Merah Putih Lemhannas RI, Jakarta Pusat, Senin (07/12/2020).

Mengikuti upacara penutupan, sejumlah Kepala Daerah dan Ketua DPRD yang menjadi peserta program P3DA XI beserta istri, diantaranya Wakil Bupati Pringsewu (Wabup), Fauzi
Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan secara langsung ijazah kepada para peserta program P3DA XI, yang kesemuanya dinyatakan lulus.

Program P3DA XI yang dibuka sejak 28 September 2020 lalu ini dikuti sebanyak 26 peserta yang terdiri dari 9 Bupati, 3 Wakil Bupati, 4 Walikota, 1 Wakil Walikota, 7 Ketua DPRD, 1 Wakil Ketua DPRD, dan 1 Sekretaris Daerah. Dan, akibat adanya pandemi Covid-19, menjadikan program P3DA ini diselenggarakan secara daring.

BACA JUGA:  Selesai Isolasi Mandiri, Dua Pasien Covid-19 di Pringsewu Kembali ke Rumah

Gubernur Lemhannas RI, Agus Widjojo mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah berhasil mengikuti program P3DA XI Lemhannas RI, sehingga menyandang predikat sebagai Alumni Lemhannas.

Menurutnya, meskipun program P3DA XI ini diselenggarakan secara daring, namun tidak akan mengurangi kualitas.

Ia berharap setelah mengikuti program P3DA ini, para peserta akan menjadi sosok pimpinan tingkat daerah yang bermoral, beretika dan berkarakter kebangsaan, memahami 4 konsensus dasar bangsa meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dengan cakrawala pandang operasional yaitu, wawasan nusantara, ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional, terampil dalam memecahkan masalah di daerah, serta mampu memberikan saran kepada pemerintah daerah tingkat I tentang kebijakan publik dan terkait nilai-nilai kebangsaan.

BACA JUGA:  Gugus Tugas Covid-19 Pringsewu Gelar Operasi Yustisi

Disamping memiliki kemampuan membuat analisis dan keputusan, berpikir strategis, serta memiliki martabat dan kejujuran yang merupakan prasyarat utama karakter individu sebagai pimpinan tingkat daerah. Gubernur Lemhannas juga berpesan kepada seluruh peserta P3DA XI untuk senantiasa menjaga integritas pribadi.

Sementara itu, Wabup Pringsewu Fauzi didampingi istri, Rita Irviani Fauzi, bersyukur dapat mengikuti program P3DA XI ini secara paripurna hingga dinyatakan lulus.

Ia mengatakan, segala ilmu pengetahuan dan pengalaman serta wawasan yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di Lemhannas RI akan diaplikasikan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari dalam memimpin dan melayani masyarakat Kabupaten Pringsewu. (mega/rls)