Kementerian Kesehatan Ubah Status Kota Bandar Lampung dari Zona Merah Covid-19 ke Zona Orange

2

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG —
Kementerian Kesehatan (Kemkes) Republik Indonesia kembali mengubah status zona Covid-19 Kota Bandar Lampung dari Zona Merah ke Zona Orange, Kamis (17/12/2020).

Selain perubahan zona di kota Bandar Lampung, ada beberapa daerah di kabupaten juga masuk dalam penilaian zona, yakni Mesuji dan Pesisir Barat (Pesibar) masuk dalam kategori Zona Kuning, dari sebelumnya Zona Orange Covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun Headlinelampung melalui Instagram resmi Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung, saat ini ada 11 kabupaten dan kota yang masuk Zona Orange Covid-19 atau kenaikan kasus risiko Sedang.

BACA JUGA:  Demi Kesejahteraan Petani, Arinal Ambil Alih Ketua Petani Berjaya

Tercatat, 11 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung yang berstatus Zona Orange tersebut yakni Kota Bandar Lampung dan Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Barat, Lampung Timur, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu dan Tulang Bawang.

Sedangkan yang berstatus Zona Kuning yang berarti tingkat resiko Rendah ada empat kabupaten, yakni Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Pesisir Barat dan Mesuji.

BACA JUGA:  Kadisdikbud: Selama Wabah Covid-19, Penarikan Iuran SPP-DPP SMA/SMK Se-Lampung Dibatalkan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, perubahan status zona tersebut merupakan penilaian dari Satgas Penanganan Covid-19 pusat.

“Dilihat dari sistem surveillance dan sistem pelayanan kesehatan,” kata Reihana kepada Headlinelampung. (Sandi)