Jelang Nataru, Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga

5

HEADLINELAMPUNG BANDARLAMPUNG – Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga Khusus Libur Nasional dan Cuti Bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 pada Jumat (18/12)2020).

Apel dilaksanakan di lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung dengan menggelar alut dan personil rescuer yang akan melaksanakan siaga.

Pembina Apel Kepala Basarnas Lampung Jumaril, mengatakan menghadapi Libur Nasional di penghujung tahun 2020 Basarnas Lampung menggelar Siaga Khusus yang melibatkan seluruh personil rescuer dan alat utama.

“Siaga Khusus ini dilaksanakan mulai 18 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021,” kata Jumaril di halaman kantor Basarnas Lampung

BACA JUGA:  Lagi, Warga Bandar Lampung Positif Corona, Pasien Sembuh dari Pringsewu

Dijelaskan, ada beberapa tempat untuk dilakukannya tempat siaga SAR pada penanganan Natal dan tahun baru (Nataru).

“Siaga Khusus SAR ini ditempatkan di Bandara Raden Intan II, terminal Rajabasa, Tol Trans Sumatra Rute Bakauheni Terbanggi, Tol Trans Sumatra Rute Terbanggi Kayu Agung, pelabuhan Bakuheni dan pelabuhan Kota Agung serta tempat-tempat objek wisata yang menjadi sasaran para pemudik dan wisatawan di Propinsi Lampung,” jelasnya.

Jumaril, menyatakan bahwa Basarnas Lampung akan mengerahkan alat utama dalam menunjang siaga khusus SAR ini, diantaranya KN SAR 224 Basudewa, RIB (Rigid Inflatable Boat), Perahu Karet, Rescue Car dan Rescue Truck.

BACA JUGA:  Sehat, Tapi Hasil Laboratorium Pasien di Lampung Ini Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona

“Untuk jalur penyeberangan Merak Bakauheni kita mendapat penguatan alut dari Jakarta dan Banten, setidaknya ada 3 Kapal Basarnas yg siaga bergantian pada jalur tsb.” Ujar Jumaril.

Dia juga memberikan pesan kepada anggotanya rescuer Basarnas Lampung agar selalu semangat dalam menjalankan tugas dan tetap teguh dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Serta janganlah kalian kecewa karena tidak bisa melaksanakan liburan bersama keluarga tetapi jadikan siaga ini sebagai ladang pahala bagi kita karena bekerja demi kemanusian.” ungkapnya. (*)