Vaksin Covid-19 Tiba di Lampung, Arinal Bersedia Disuntik Awal

67

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG – Vaksin Covid-19 Sinovac bzntuan dari pusat telah tiba di Lampung, Senin (4/1/2021).

Meskipun vaksinasi pada tahap awal ditujukan untuk tenaga kesehatan (nakes), Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi bersedia untuk divaksin pertama kali.

Gubernur mengatakan, jika dirinya disuntik vaksin Covid-19 pertama itu bukan suatu masalah.

“Ya, tidak masalah kalau saya menjadi orang yang pertama menggunakan vaksin. Tapi jangan ditakut-takutin urusan itu,” kata Arinal, di Bandar Lampung, Senin (4/1/2020).

Namun, gubernur mengungkapkan, dalam konteks ini masih akan dilakukan pembahasan terlebih dahulu tentang siapa yang berhak dilakukan vaksin pertama

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Terima Penyerahan SK Hutan Sosial dari Presiden untuk 37.728 KK

“Jadi siapa yang akan mendapatkan vaksin lebih awal kita akan bahas besok. Termasuk dari tenaga medis, pejabat publik dan tokoh-tokoh akan kita sesuaikan,” kata Arinal.

Gubernur berharap dalam tahap pertama vaksin bisa sampai kepada masyarakat yang wajib menerima, dalam artian tenaga kesehatan (Nakes).

“Semoga dalam tahap pertama bisa sampai kepada masyarakat yang wajib menerima, karena nakes yang menerima di awal,” harapnya.

Diketahui, berdasarkan data yang diinformasikan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, provinsi Lampung ini mendapatkan sasaran vaksinasi usia diatas 18 tahun berjumlah 5.709.734 orang.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Imbau Dana Desa Prioritaskan Kesejahteraan-Penanggulangan Kemiskinan

Dari data tersebut dirincikan untuk tenaga kesehatan dan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk tenaga tracing sebanyak 34.829 orang, tenaga pelayanan publik sebanyak 473.648 orang.

Kemudian untuk masyarakat yang lanjut usia (Lansia) usia 67 tahun ke atas sebanyak 718.011 orang, masyarakat rentan (Geospasial, sosial, ekonomi) 2.100.108 orang dan masyarakat serta pelaku ekonomi 2.282.138 orang. (Sandi)