Tahun Ini, Jalan Protokol Tubaba Dibuat Dua Jalur

318

HEADLINELAMPUNG, TULANGBAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas PUPR akan melakukan peningkatan ruas jalan protokol dari Tugu Naga Ratu Bersanding, hingga Tugu pasar Panaraganjaya, Tulangbawang Tengah, tahun ini.

Kepala Dinas PUPR Tubaba melalui Kabid Perencanaan dan Bina Jasa kontruksi Sadarsyah mengatakan, peningkatan jalan protokol itu dengan perubahan jalan yang saat ini hanya satu jalur akan dibuat menjadi dua jalur.

“Nantinya akan dibangun median (pembatas jalan-red). Tapu embangunan median itu hanya di titik-titik tertentu. Kita akan tetap memerhatikan kondisi jalan. Jika jalan tersebut ukurannya sudah layak, maka akan dibuat median,” ujarnya, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (05/01/2021).

BACA JUGA:  Kepala Kampung di Lamteng Deklarasi Forikkam

Selain itu, lanjut Sadar, salah satu item dalam peningkatan jalan protokol itu yakni peningkatan jalan masuk menuju Kota Budaya Uluan Nughik yang saat ini masih jalan tanah, akan diubah menjadi base (jalan berbatu krikil).

Dijelaskan, peningkatan ruas jalan protokol tersebut diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 20 miliaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Anggarannya bersumber dari DAK. Diperkirakan akan menelan dana mencapai Rp 24 Miliar,” paparnya.

Saat ditanyai wartawan kapan akan dilaksanakan peningkatan jalan tersebut, dirinya mengatakan saat ini sedang dalam proses pelelangan.

BACA JUGA:  Kasus Positif Covid-19 di Way Kanan Bertambah Sembilan Orang, Lima Pasien Sembuh

“Proses tender peningkatan ruas jalan protokol saat ini sedang berjalan. Kemungkinan dipertengahan tahun 2021,” tuturnya.

Sadar berharap peningkatan ruas jalan protokol tersebut bisa berjalan dengan semestinya. Agar roda transportasi bisa berjalan semakin baik. Dan juga dapat meningkatkan laju mobilisasi perekonomian daerah.

“Kita berharap agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Sebenarnya peningkatan jalan ini sudah berlangsung sejak tahun 2020. Akan tetapi, dikarenakan relokasi anggaran untuk penanganan Covid-19, rencana ini diundur. Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi,” harapnya. (Holidin/Elan)