Cegah Gangguan Kamtibmas, Tim Walet Sabhara Polres Lamteng Patroli

12

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Untuk mencegah tindak pidana dan menciptakan situasi kondusif, Tim Walet Sabhara Polres Lampung Tengah (Lamteng) patroli dini hari di ruang publik, Rabu (6/1/2021) .

Hal itu diungkapkan oleh Kasat Sabhara Polres Lamteng, AKP Zulkifli Rusli mewakili Kapolres Lamteng, AKBP Popon Ardianto Sunggoro.

Menurutnya, Tim Walet Sabhara Polres Lamteng, melaksanakan patroli dinihari untuk mencegah gangguan Kamtibmas, Curat, Curas dan Curanmor, (3C).

Menurut Kasat Sabhara, Tim Walet dibagi menjadi dua regu, dan setiap regunya beranggotakan 8 personel yang siap untuk digerakkan apabila ada
gangguan Kamtibmas di Kabupaten Lamteng.

BACA JUGA:  Diduga Bandar Narkoba, Perempuan Asal Lampura Ditangkap di Hotel Sarbini

“Namun apabila tidak ada kejadian, Tim Walet melakukan patroli. Tadi malam, kami melaksanakan patroli di Jalinsum,” jelasnya.

Dijelaskanya, daerah-daerah yang disasar tim Walet dalam berpatroli menjaga keamanan dimulai dari Perempatan Wates, Bumi Ratu Nuban, dan sejumlah tempat lainya.

“Kegiatan patroli ini, bertujuan untuk menjaga keamanan masyarakat dari gangguan Kamtibmas 3C,” imbuhnya.

Selain itu, kata AKP Zulkifli mengantisipasi terjadinya tindak pidana (Curat, Curat dan Curanmor) atau kejahatan lainnya serta membantu masyarakat yang mengalami bencana alam. Diantaranya, banjir, tanah longsor, kebakaran.

Sementara Tim Walet regu yang lainya di Mapolres Lamteng, dan akan diterjunkan bila dalam keadaan darurat.

BACA JUGA:  Tadah Barang Kejahatan, Warga Bandar Lampung Ditangkap Satreskrim Polres Lampung Utara

“Seluruh personel Sabhara baik Walet dan Dalmas, semua diturunkan guna menjaga Kamtibmas, menciptakan situasi Kondusif dan aman,” tegasnya

Menurut AKP Zulkifli, di tengah pandemi Covid-19, Tim Walet juga bertugas mengingatkan masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Hal itu ditujukan, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta melakukan 3M+1T yakni, rajin mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan handsanitizer, menggunakan masker bila keluar rumah, menjaga jarak (Physical distance), serta menghindari kerumunan untuk mencegah timbulnya cluster baru Covid-19. (gunawan)