Ini Lima Daerah di Lampung dengan Kasus Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi

29

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG – Kasus Kematian akibat Covid-19 di Lampung setiap harinya masih terus bertambah.

Hingga kini, jumlah kematian pasien yang terpapar positif Covid-19 sebanyak 449 orang, Selasa (19/1/2021).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana, mengungkapkan, di Lampung ada beberapa daerah yang memang tingkat kematian akibat Covid-19 tinggi.

Namun, lanjut dia, kematian ini banyak faktor penyebabnya. Bukan hanya karena virus Corona saja. Melainkan faktor umur serta ada penyakit penyerta (komorbid).

BACA JUGA:  Satu PDP Lampung Meninggal, Kadiskes Bantah Pemilik Hotel Positif Covid-19

“Ada lima daerah yang masuk lima besar kasus konfirmasi kematian tertinggi hingga hari ini (18 Januari 2021), yakni Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Tanggamus, Kota Bandar Lampung,
dan Metro,” kata Reihana di lingkungan Pemprov Lampung.

Dijelaskan, situasi Covid-19 di Lampung per 18 Januari 2021 dengan angka kematian saat ini mencapai 5,40 persen, dan rata-rata kasus kematian tidak murni karena Covid-19.

Menurut Reihana, selain lima daerah dengan kasus kematian tertinggi, ada juga lima besar daerah selesai isolasi atau sembuh yakni Kabupaten Pesisir Barat, Tulangbawang, Pringsewu, Tanggamus dan Way kanan.

BACA JUGA:  Ketua Dekranasda Dukung Penjualan Produk Kerajinan UMKM Secara Online

Sedangkan untuk lima besar daerah dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi ada di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan dan Tanggamus.

Reihana juga mengatakan untuk pasien yang dirawat akibat virus corona ada di lima daerah.

“Ada lima besar kasus aktif, dalam artian orang yang sakit terus dirawat ataupun menjalani isolasi, yaitu Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Tanggamus, Kota Bandar Lampung dan Metro,” urainya. (Sandi)