BPOM Tulang Bawang Tegaskan Vaksin Covid-19 Sinovac Aman Digunakan dan Kualitas Terjamin

25

HEADLINELAMPUNG, MESUJI-Isu yang beredar di Masyarakat terkait vaksin Covid-19 Sinovac, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bila vaksin tersebut telah layak digunakan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor BPOM Perwakilan Tulang Bawang, Tuti Nurhayati, S.Si. Apt saat diwawancarai disela kegiatan serah terima Vaksin di Kantor Bupati Mesuji, Senin (25/01/2021).

Tuti memaparkan bahwa Vaksin tersebut telah dilakukan Uji Klinis dan telah mengantongi Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dan aman untuk digunakan.

BACA JUGA:  Bupati Pesibar Salurkan Bantuan BRS dan BSPS Kementerian PUPR 2020

“Jadi masyarakat jangan khawatir, kita dari BPOM telah melakukan uji klinis serta vaksin tersebut telah memiliki EUA yang artinya aman untuk digunakan,” jelas Tuti, saat ikut hadir mengawal pendistribusian Vaksin di Kabupaten Mesuji (25/01/2021).

Ia menambahkan, izin EUA tersebut diberlakukan untuk kondisi darurat, seperti yang terjadi para saat pandemi ini, artinya setelah mengantongi izin tersebut terkait Khasiat, Mutu dan keamanan telah dijamin oleh BPOM.

BACA JUGA:  Parosil Buka Konfercab PCNU Ke-VI

“Izin penggunaan darurat dari BPOM telah dikeluarkan untuk vaksin tersebut, artinya terkait mutu, khasiat dan keamanan dijamin oleh BPOM,” ujarnya.(Rangga)