Aksi Ormas GML, dari Jumat Bersih Hingga Jumat Berbagi

59

HEADLINELAMPUNG, METRO-Guna mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) Kota Metro melakukan aksi Jumat Bersih pada sejumlah titik.

Ketua DPD GML Kota Metro, Slamet Riadi menjelaskan, aksi yang dilakukan atas kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat, yang menyiapkan sejumlah armada bentor untuk mengangkut sampah, diawali dengan membersihkan sepanjang jalur irigasi (pingled, red) di 15 B Barat Imopuro Metro Pusat, serta membersihkan bebetapa titik lapangam olahraga.

“Selain bekerjasama dengan Dinas LH yang menyiapkan armada sampah, kami juga mendukung Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata dalam mewujudkan sarana olahraga yang bersih dn nyaman,” kata Slamet Riadi, Jumat (29/01/2021).

BACA JUGA:  Antisipasi Arus Balik, Pemprov Lampung Ikuti Rakor Bersama Satgas Covid-19 Nasional

Lanjutnya,  kegiatan Jumat Bersih tersebut, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Dengan aksi nyata ini, diharapkan masyarakat dapat tergugah untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih, dengan membuang sampah pada tempat yang sudah tersedia,” urainya.

Tak hanya itu, kata dia, memasuki musim penghujan saat ini, kegiatan tersebut juga untuk mengantisipasi banjir dan pencegahan penyakit menular seperti DBD.

BACA JUGA:  Taman Kehati Mesuji Ditutup Kembali Pasca Enam Warga Konfirmasi Positif Covid-19

“Sebab, menjaga lingkungan yang bersih bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, masyarakat juga harus turut bertanggung jawab,” tegas dia.

Sementara, aksi kepedulian Ormas GML tak berhenti di situ. Usai  bakti sosial, mereka juga memberikan bingkisan sembako sebagaimana rutin dilakukan oleh ormas tersebut setiap pekan.

“Bantuan paket sembako yang terdiri dari beras, mie instan, minyak goreng dan uang tunai kami berikan bagi warga tidak mampu. Alhamdulillah, kami masih bisa berbagi,” tutupnya. (dwi)