Bupati Pringsewu Terima Tim Monev Smart Village

17

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Bupati Pringsewu, Sujadi menerima kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung di Kantor Pemkab Pringsewu, Jumat (29/1/21).

Kunjungan ini terkait program Smart Village (Desa Pintar) di Provinsi Lampung. Turut mendampingi Tim Monev yang dipimpin Kadis PMDT Provinsi Lampung Zaidrina, diantaranya Kepala Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri RI Provinsi Lampung Irsan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Ahmad Syaifullah, Aprianus John R. dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Lampung, D.Kurniawan (Tenaga Ahli program Smart Village Pemerintah Provinsi Lampung), Bayu (Institut Ilmu Bisnis Dharma Jaya) dan Pebriansyah (Bank Lampung Cabang Pembantu Pringsewu).

BACA JUGA:  Gerabas 2017 Kotabumi Bagikan Ratusan Masker dan Hand Sanitizer ke Masyarakat Lampung Utara

Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Malian Ayub, Kadis PMP Eko Sumarmi, Kadis Dukcapil Nazri Syauti dan Sekdis Kominfo Bukhori beserta beberapa pejabat lainnya sangat mendukung adanya program Smart Village ini, yang merupakan bagian penting dari upaya untuk mewujudkan transparansi serta e-government.

Menurutnya, yang harus diperhatikan dalam rangka menunjang program Smart Village tersebut adalah penyiapan infrastruktur. Namun ia optimis Pringsewu siap melaksanakan program tersebut.

Untuk diketahui, Smart Village adalah sebuah program dalam rangka memaksimalkan fungsi desa guna memajukan dan mensejahterakan warga, dengan mendorong menjadi desa mandiri.

BACA JUGA:  Gegara Virus Corona, Omzet Pedagang Buah asal Cina di Lampura Turun

Berdasarkan data yang ada, ada 30 desa di Provinsi Lampung yang menjadi sasaran program Smart Village, termasuk 2 desa atau pekon di Kabupaten Pringsewu, yakni Pekon Gading Rejo Timur, Kecamatan Gading Rejo dan Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu.

Melihat kondisi demografis dan geografis sebagai salah satu wilayah penyangga Kota Bandar Lampung, Pringsewu dinilai sangat mendukung dan memiliki daya saing, sehingga bisa menjadi model bagi 12 kabupaten lainnya di Provinsi Lampung. (*/mega/akbar)