Dinas LH Kota Metro Terima Bantuan Sarpras Pengolahan Sampah

46

HEADLINELAMPUNG, METRO-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro menerima bantuan sejumlah sarana dan prasarana (sarpras) pengolahan sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Dinas LH Kota Metro, Eka Irianta menjelaskan, bantuan sarpras pengolahan sampah dari Kementerian LHK tersebut, merupakan tindak lanjut dari kunjungan anggota DPR RI dan Tim dari Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian LHK ke TPAS Karangrejo Metro Utara akhir tahun lalu.

“Dalam kunjungan tersebut, tim dari DPR RI dan Direktorat Pengelolaan Sampah datang langsung ke TPAS Karangrejo,” kata Eka Irianta, Jumat (29/01/2021).

BACA JUGA:  Lampung Utara Zona Merah Covid-19, tapi Prokes Masih Sering Diabaikan

Dan ternyata, lanjut dia, kunjungan tersebut berbuntut dengan pemberian bantuan sejumlah sarpras pengelolaan sampah, di antaranya mesin pres sampah plastik, mesin pencacah sampah organik, gerobak sampah organik dan non organik, serta sejumlah tong sampah.

“Jadi, bantuan sarpras pengelolaan sampah tersebut, merupakan tindaklanjut dari kunjungan tim dari DPR RI dan Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian LKH,” jelasnya.

Menurut dia, bantuan sarpras pengelolaan sampah tersebut, selain bertujuan untuk mengurangi volume sampah di TPAS Karangrejo, juga meningkatkan nilai sampah yang dikelola oleh kelompok Bank Sampah yang berada di bawah naungan Dinas LH.

BACA JUGA:  Sebanyak 148 Peserta Ikuti Tes Penerimaan TFL dan TPM Mesuji

“Seperti mesin pres sampah plastik. Jika selama ini sampah plastik dijual kepada pengepul, setelah mempunyai mesin pres, sampah olahan dapat langsung dijual kepada distributor,” urainya.

Demikian halnya dengan mesin pencacah sampah organik, yang dapat menyulap sampah-sampah sayuran seperti rompesan kol menjadi pakan ternak.

“Tadi sudah langsung dilakukan uji coba, dan hasilnya bisa langsung dimanfaatkan oleh rekan-rekan pasukan kuning yang memiliki hewan ternak seperti itik dan mentok,” ungkapnya. (dwi)