Pemkab Lamtim Launching Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

10

HEADLINELAMPUNG LAMPUNG TIMUR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melaksanakan Launching Vaksinasi Covid-19 , dengan pemberian suntikan vaksin kepada 5 orang pertama yaitu, Forkompinda, tokoh agama dan tokoh masyarakat bertempat di RSUD Sukadana, Senin (1/2/2021).

Hadir dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 dari Forkopimda Kabupaten Lamtim diantaranya, Dandim 0429/Lamtim, Letkol Kav. Muhammad Darwis, Kapolres AKBP Wawan Setiawan, SIK, Ketua DPRD.Ali Johan, Kepala Kejaksaan Negeri diwakili Wibisono Anwar, Ketua Pengadilan Negeri diwakili Liswerny Rengina D, Ketua KPU Wasyiat Jarwo Asmoro, Ketua NU Ahmad Dadiri Saputra, Ketua Parisada Hindu Darma, I Nengah Miasa beserta perwakilan tokoh masyarakat.

Sambutan Bupati Lamtim yang di bacakan Kadis Kesehatan, Nanang Salman Saleh menyampaikan, pada saat ini baksin Covid-19 telah mendapatkan sertifikat halal dan suci oleh MUI dan persetujuan penggunaan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

BACA JUGA:  Dugaan Pungli Seritifikat, Pemkab Kirim Surat ke Polres Lamteng

“Pelaksanaan vaksinasi adalah, untuk melengkapi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 lebih luas lagi. Jadi, setelah pelaksanaan vaksin masyarakat tetap diwajibkan untuk melanjutkan protokol kesehatan (Prokes),” ujarnya.

Menurut Nanang, Infeksi virus Corona memiliki resiko kematian dan daya tular yang tinggi Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yaitu vaksinasi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, anda bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.

“Jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Lamtim sebanyak 4.800 dosis, dan akan diberikan kepada 2.352 tenaga kesehatan, serta unsur Forkompimda yang pelaksanaanya di RSUD Sukadana dan 34 Puskesmas oleh tenaga kesehatan yang telah dilatih (vaksinator, red),” tukasnya.

BACA JUGA:  Sambangi Kejari Lamsel, Kajati Lampung Pastikan Kasus Oknum Pejabat Inspektorat Terus Diproses

Sementara itu, Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis sebagai penerima vaksin pertama mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai isu tentang vaksin Covid-19, karena memang sudah teruji serta mendapatkan sertifikat suci dan halal dari MUI.

“Setelah diberikan vaksin, dengan harapan Covid-19 di Lamtim akan semakin menurun penularanya,” pungkas Dandim.

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksinasi tahap 2 akan dilaksanakan 2 minggu mendatang atau tepatnya pada 15 Februari 2021. (*/ iman)