Dinsos Pesawaran Beberkan Data Warga Miskin

20

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran dituntut untuk lebih optimal dalam menekan rumah tangga miskin atau tidak mampu.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah di verifikasi dan di validasi oleh Kementrian sosial (Kemensos) tahun 2020 ada sekitar 200, 39 ribu rumah tangga miskin.

Hal ini dijelaskan oleh Plt Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Kabupaten Pesawaran M. Iqbal di ruang kerjanya, Selasa (2/2/21).

BACA JUGA:  Budi Utomo: Tak Ada Warga Lampura Terkena Virus Corona

“Total data DTKS tersebut ada 65.438 rumah tangga yang masuk kategori miskin atau tidak mampu, setelah dilakukan verifikasi dan validasi oleh kementrian sosial untuk konfigurasinya sekitar 200,39 ribu lebih.”

Dengan adanya kondisi tersebut pemkab Pesawaran dituntut lebih optimal dalam melakukan berbagai upaya guna menekan angka kategori rumah tangga miskin atau tidak mampu, jelasnya.

M.Iqbal mengatakan, kendati demikian bagi mereka yang sudah terdata sebagai fakir miskin belum tentu semuanya mendapatkan bantuan, akan tetapi mereka akan mendapat bantuan nantinya,

BACA JUGA:  Babinsa Koramil Rawajitu Anjangsana ke Rumah Warga Binaan

“Perlu diketahui kategori berdasarkan DTKS itu sendiri yaitu orang tidak mampu secara ekonomi atau kemampuan berusaha”.

Bukan karena mereka masuk data itu lantas menerima bantuan, namun suatu saat tidak menutup kemungkinan mereka menerima bantuan tersebut,” tegasnya. (Yudhi)