Pemkab Tubaba Siap Anggarkan Dana Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat

27

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) menyatakan siap untuk menganggarkan dana vaksin COVID-19 untuk masyarakat.

Bupati Tubaba Umar Ahmad dalam keterangan resminya mengatakan jika pemerintah pusat menyerahkan sepenuhnya kebijakan vaksinasi COVID-19 kepada pemerintah daerah, maka Pemkab Tubaba akan mengambil langkah untuk mengakomodir kebutuhan vaksinasi.

“Kita lihat dulu bagaimana kebijakan dari pemerintah pusat, agar tidak terjadi tumpang tindih soal vaksin ini. Apakah vaksinasi COVID-19 akan ditanggung oleh mereka atau diserahkan kepada pemerintah daerah,” ujarnya, saat dikonfirmasi wartawan di Aula RSUD Tubaba, usai disuntik vaksin COVID-19, Selasa (02/02/2021).

BACA JUGA:  PC IMM Lampura Soroti Kaburnya Terdakwa Kasus Narkoba Agra Libo dari PN

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat tidak khawatir akan vaksinasi COVID-19 tersebut. Umar meyakini bahwa vaksin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

“Masyarakat jangan takut untuk divaksin. Vaksin ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Tetapi, masyarakat juga harus konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Terrpisah, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho mengatakan pihaknya siap untuk mendukung hal tersebut.

“Selagi itu untuk kepentingan masyarakat, kami selaku badan legislatif siap untuk menganggarkan vaksinasi COVID-19 tersebut. Memang sudah tugas dan fungsi kami sebagai badan anggaran,” ungkap anggota dewan dari PDIP tersebut.

BACA JUGA:  Pemerintah Tiyuh Gedung Ratu Tubaba Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2021

Kendati demikian, dia masih akan melakukan pengkajian terlebih dahulu terkait dengan vaksinasi tersebut.

Dijelaskannya, DPRD Tubaba akan mengamati bagaimana kebijakan dari pemerintah pusat.

“Kami akan melakukan pengkajian terlebih dahulu soal anggaran vaksinasi tersebut. Dan bagaimana regulasi dari pemerintah pusat. Selain itu, kami juga akan berkoordinasi dengan satker terkait,” pungkasnya. (Holidin/Elan)