Wabup Pringsewu Minta Tenaga Kesehatan Puskesmas Sukseskan Vaksinasi Covid-19

12

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu, Fauzi meminta seluruh tenaga kesehatan dan jajaran Puskesmas untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19, serta dapat memberikan contoh sekaligus mengajak masyarakat agar berdisiplin dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Selain itu, Puskesmas juga wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terlebih kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan pemerintah juga menjadi salah satu prioritas.

Permintaan tersebut disampaikan Wabup Fauzi saat menjadi pembina apel di halaman UPT Puskesmas Bandung Baru Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, Rabu (3/2/2021).

Upacara apel dihadiri juga Camat Adiluwih Gandung Hartadi, Kepala UPT Puskesmas Bandung Baru serta dari kepolisian setempat.

BACA JUGA:  Melalui Program BMW, Pemkab Tuba Berikan Bantuan untuk Lansia dan Disabilitas 

Terkait program vaksinasi dalam upaya memutus penyebaran Covid-19, Wabup Fauzi meminta jajaran Puskesmas untuk bersama-sama menyukseskan serta memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait vaksin tersebut.

“Program vaksinasi Covid-19 telah dicanangkan oleh Bupati di RSUD Pringsewu. Untuk tahap awal, vaksin Covid-19 diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan (Nakes), vaksinasi sudah bisa dilakukan di Puskesmas serta rumah sakit di Pringsewu,” jelasnya.

Namun, lanjut Wabup Fauzi selain Covid-19 yang perlu di waspadai.di Kabupaten Pringsewu adalah penyebaran DBD, apalagi di musim penghujan seperti saat ini.

BACA JUGA:  Ketua TP-PKK Lamsel Sosialisasi Swasembada Gizi di Katibung

“DBD ini tak kalah bahayanya dari Covid-19, bahkan di Pringsewu yang terkena DBD jumlahnya lebih banyak dari pada Covid-19. Karenanya, ini perlu mendapatkan perhatian yang serius,” ujarnya.

Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran DBD yang bisa dilakukan, lanjut Fauzi, diantaranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, serta memberantas sarang nyamuk.

“Salah satu cara yang mudah dan praktis diantaranya dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti bunga lavender dan serai wangi di sekitar tempat tinggal kita,” pungkasnya. (*/mega)