Masih Pandemi Covid-19, Keberangkatan Calon Jamaah Umroh Lampung Kembali Ditunda

21

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG – Di masa pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi sempat membuka penerbangan bagi jamaah umroh.

Namun, pemerintah Arab Saudi kembali memberlakukan kebijakan untuk tidak melakukan penerbangan ibadah umroh

Kepala bidang (Kabid) pengadaan haji dan umrah, Kantor Wilayah Agama provinsi Lampung, Ansori F Citra mengatakan, dengan ditutupnya penerbangan untuk jamaah ke Arab Saudi, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) mencatat
sebanyak 1.851 calon jamaah umroh di Lampung pada tahun ini kembali ditunda.

Selain itu, ada juga jamaah umroh yang membatalkan keberangkatan sebanyak 13 orang, sehingga yang bersangkutan meminta untuk pengembalian uang. Sedangkan 1.830 orang tetap bertahan untuk umroh.

BACA JUGA:  Reihana: Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 Sembuh di Lampung Lebih dari 70 Persen

“Ya, ada 13 orang meminta untuk pembatalan keberangkatan ibadah umroh, dan 1.830 calon yang masih menunggu keberangkatan, tapi belum diketahui siapa saja yang sudah berangkat atau belum. Smpai saat ini, informasi PPIU rata-rata menunggu sampai kondisi Covid-19 aman atau pulih,” kata Ansori, di kantornya, Kamis (4/2/2021).

Dijelaskan, untuk jamaah umroh juga ada 24 orang dari PPIU yang harusnya berangkat pada 18 Februari 2021, dan harusnya sudah siap-siap namun ini otomatis gagal.

Kemudian, ditegaskan juga, bahwa kebijakan ini belum diketahui kapan berakhirnya.

“Belum tahu kapan. Bisa saja lusa, Minggu depan atau bulan depan karena itu kebijakan pemerintah Arab Saudi yang pasti melihat perkembangan pandemi Covid-19 ini,” kata dia.

BACA JUGA:  Hasil Tes Swab PDP di Lampung yang Meninggal Negatif Covid-19

Disinggung pemberangkatan jamaah haji 2021, menurutnya kalau bicara keberangkatan untuk jamaah haji, kemungkinan bisa saja haji di tunda.

“Karena berpatokan dengan umrah jika umrah bisa menerapkan protokol kesehatan dan ternyata aman kemungkinan haji juga bisa di laksanakan untuk 2021 ini,” harapnya

Ia mengimbau, bagi jamaah umroh yang belum berangkat harap bersabar. Persoalan ini bisa dibicarakan dengan PPIU, apakah keberangkatannya mau dibatalkan atau menunggu sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Sebab ini merupakan masalah dunia dan menyangkut keselamatan banyak orang. Jika ini belum bisa diberangkatkan, maka harap bersabar,” imbaunya. (Sandi)