Belajar Kreasi Bambu, Wabup Merangin Kunjungi Pringsewu

6

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Sentra Kerajinan Bambu Pekon Kediri, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu mendapat kunjungan Wakil Bupati (Wabup) Merangin, Sabtu (06/02/21).

Kunjungan Wabup Merangin, Mashuri beserta Kabag Tata Pemerintahan dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Merangin ini dalam rangka melihat dari dekat potensi kerajinan bambu setempat.

Beberapa lokasi yang dikunjungi orang nomor dua di Kabupaten Merangin ini, diantaranya Sanggar Bambu Kreasi Pringsewu Pekon Kediri, serta beberapa tempat pembuatan perkakas dari bambu yang ada di pekon setempat.

Wabup Mashuri mengaku senang dan bersyukur bisa datang ke Kabupaten Pringsewu dan meninjau langsung kegiatan pembuatan kerajinan bambu oleh warga setempat.

Menurutnya, masyarakat Pringsewu sangat kreatif, dimana dari tanaman bambu ini bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan seni dan aneka barang-barang kebutuhan. Hal inilah yang menurutnya perlu dicontoh dan dipelajari, mengingat ketersediaan bambu di daerah Merangin sangat berlimpah, namun belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. “Karena itu, kami akan belajar dari Kabupaten Pringsewu”, ujarnya.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil 426-02/Menggala Anjangsana ke Tokoh Pemuda Kampung Karya Murni

Wabup Merangin juga menyampaikan bahwa Kabupaten Merangin yang dipimpinnya, sebagian besar ditopang oleh perkebunan seperti karet dan kelapa sawit, serta kopi, disamping persawahan padi. Selain potensi tersebut, tanaman bambu juga kekayaan alam berupa batu fosil atau batu sungkai juga cukup berlimpah.

Sementara itu, Wabup Pringsewu,.Fauzi, mengatakan Kabupaten Pringsewu dengan luas wilayah hanya 625 km2, merupakan kabupaten terkecil di Provinsi Lampung. Mengingat luas wilayah yang sangat kecil dengan areal pertanian yang juga tidak terlalu luas, sehingga pihaknya tidak terlalu bisa bicara banyak mengenai kuantitas.

BACA JUGA:  Tokoh Adat Megow Pak Tulangbawang Bagikan Masker Cegah Covid-19

“Akan tetapi kami bicara mengenai kualitas, termasuk SDM yang terus ditingkatkan”, katanya.

Wabup Pringsewu didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan dan Kadis Koperindag Bambang Suhermanu, serta Camat Gadingrejo dan Kapekon Kediri juga berharap kedepan ada kerjasama yang saling menguntungkan diantara Kabupaten Pringsewu dengan Kabupaten Merangin, dalam rangka lebih menggali serta mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki kedua daerah, guna memajukan daerah masing-masing dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*/mega)