HPN 2021, Sairul Sidiq: Pers Dapat Berperan Dalam Membangun Ketahanan Sosial dan Ekonomi

105

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-75 jatuh pada 9 Februari 2021, dipusatkan di Jakarta.

Acara HPN tersebut juga akan berlangsung secara virtual, yang akan diikuti insan pers bersama Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten.

Pada momen HPN 2021 kali ini, Anggota DPRD Way Kanan sekaligus Ketua Karang Taruna Kabupaten Way Kanan, Sairul Sidiq, SH, turut menyampaikan pandangannya terhadap Insan Pers.

Sairul mengatakan, peran Pers dalam Sejarah Indonesia sungguh besar.

Apalagi di awal-awal perjuangan kemerdekaan bangsa ini, Pers sangat berperan menjadi penyampai aspirasi kepada pemerintahan penjajah Belanda.

BACA JUGA:  Lomba Mural Lampung Selatan Diikuti 881 Peserta

“Kemerdekaan bangsa ini harus diakui, tak lepas dari campur tangan insan pers yang dengan gigih menyampaikan aspirasi dan hanya berpihak pada kebenaran melalui media massa. Sejarah tersebut seyogianya menjadi patokan bagi insan pers dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya kepada Headlinelampung, Minggu (07/02/2021).

Ia menjelaskan, setiap zaman ada tantangannya, begitu pula tantangan insan pers di zaman sekarang yang masih terus berjibaku melawan pandemi Covid-19 dengan segenap dampak sosial dan ekonomi yang menyertainya.

Pada situasi tersebut, dirinya berharap pers dapat memposisikan diri sebagai garda terdepan perjuangan bersama tenaga kesehatan, terutama dalam menyampaikan kebenaran berita.

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Programkan Masyarakat Pencari Kerja ke Pencipta Lapangan Kerja

Hal ini berarti juga menuntut profesionalisme dan kapabilitas wartawan dapat ditingkatkan.

“Saya berharap Pers dapat terus memposisikan diri sebagai garda terdepan perjuangan bersama tenaga kesehatan. Khususnya terkait penyampaian kebenaran berita dalam Situasi Covid-19 ini,” harapnya.

Selain itu, semua pihak juga perlu memikirkan bagaimana pers dan insan pers agar dapat ikut berperan dalam membangun ketahanan sosial dan ekonomi.

“Serta memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, agar pandemi di negeri ini semakin cepat teratasi,” pungkasnya. (Migo)