Kanwil ATR/BPN Provinsi Lampung Dukung Sertifikat Tanah Elektronik

10

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi mengeluarkan aturan penggunaan sertifikat tanah sistem elektronik.

Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Headlinelampung, ada beberapa keunggulan dari sertifikat tanah elektronik.

Di antaranya bisa diakses via smartphone, kemudian ada nomor identifikasi bidang (NIB) atau single ID yang jadi referensi seluruh kegiatan pendaftaran tanah

Lalu, efesiensi pendaftaran tanah, kepastian dan perlindungan hukum, minimalkan biaya transaksi pertanahan, kurangi jumlah sangketa, konflik dan perkara pertanahan, naikkan nilai registering property dalam rangka perbaikan peringkat ease of doing business (EODB)

BACA JUGA:  Gaji Ke 13 PNS Lampung Belum Bisa Cair, Ini Penjelasan Biro Hukum Setprov

Selain keunggulan itu, ada juga keamanan sertifikat tanah elektronik yaitu dilengkapi tandatangan elektronik dan tidak bisa dipalsukan, pakai teknologi persandian seperti kriptografi oleh Badan Siiber dan Sandi Negara (BSSN)

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian ATR/BPN Provinsi Lampung, Yuniar Hikmat Ginanjar melalui Kepala Subbagian (Kasubag) Umum dan Informasi ATR/BPN Lampung Ridho Gunarsa Ali, mengungkapkan pihaknya mendukung keputusan Kementerian ATR/BPN terkait sertifikat tanah elektronik.

“Kantor Wilayah Lampung tentu mendukung transformasi digital. Saat ini, sertifikat tanah Elektronik yang telah diteken berlaku mulai 12 Januari 2021 yang juga didukung penuh oleh Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Lampung,” kata dia, Minggu (7/2/2021).

BACA JUGA:  Perajin Binaan Dekranasda Lampung Produksi Masker Industri Rumah Tangga

Untuk penjelasan lebih detail, lanjut Ridho, nanti maksud dan tujuan dari penertiban sertifikat tanah ini, maka akan dijelaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Lampung, Yuniar Hikmat Ginanjar.

‘Nanti akan dilaksanakan konferensi pers dengan temen-teman media terkait hal tersebut. Saat ini Kepala kantor wilayah ATR/BPN sedang berada di luar kota,” tutupnya. (Sandi)