Desa Pekondoh Pesawaran Kembangkan Pertanian Hidroponik

27

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Dalam wacana memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, dan mewujudkan Desa Tangguh Mandiri, Firlijanni Kepala Desa (Kades) Pekondoh Kecamatan Waylima berharap pertanian Hidroponik dapat dikembangkan pada setiap desa di kabupaten pesawaran dan menjadi salah satu icon sebagai desa agro wisata,

Firlizanni berkomitmen mengembangkan pertanian hidroponik, guna menyanggah ketahanan pangan didesanya dimasa pandemi Covid-19, dan sebagai upaya meningkatkan Urban Farming didesa Pekondoh.

“Dengan memanfaatkan lahan yang ada Pertanian hidroponik Ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan pasca pandemi Covid-19, dan dapat menjadi penghasilan sampingan bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran, dan untuk Desa Pekondoh dapat dijadikan sebagai Icon Desa,” kata firli, Senin (8/2/2021).

Selain itu menurutnya, dengan pengembangan pertanian jenis ini, ia ingin mendorong generasi muda didesanya terjun ke pertanian, khususnya pertanian hidroponik ini.

Diharapkan kepada generasi muda dalam menyalurkan bakat dan pikirannya tidak hanya berorientasi pada sektor pariwisata semata, namun mulai melirik sektor pertanian, harap firli.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil LBR Bantu Padamkan Kebakaran SMAN 1 Labuhan Ratu

“Konsepnya ramah lingkungan, sektor pertanian, dengan konsep yang efisien, ekonomis, dan juga dapat menjadi agro wisata di Desa Pekondoh, dan sebagai barometer kami untuk diberdayakan ke masyarakat nantinya,” ujarnya.

Dikatakan Firli, akan mengajak komunitas pemuda untuk mengunjungi tempat-tempat pengembangan hidroponik seperti di Rumah Hidro agung, Desa jati agung kecamatan ambarawa, kabupaten pringsewu

Diharapkan nantinya kita tidak hanya mengandalkan teori, agar dapat berinteraksi langsung dengan petani pengelola hidroponik, dengan demikian, generasi muda ini bisa lebih tertarik untuk bertani kedepannya, ucapnya.

Menurut Firli, ia pernah mengunjungi rumah hidroponik, hidro agung yang berlokasi didesa jati agung kecamatan ambarawa kabupaten pringsewu,

dari kunjungan tersebut saya mendapatkan wawasan berbagai aspirasi dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Hidro agung yang berkaitan dengan efektivitas kerja mereka para petani Hidro Agung.

“Hal yang didapat dari diskusi dengan para petani hidro agung serta penyuluh antara lain masalah air dan pengairan yang perlu ditingkatkan,

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Apresiasi Wisata Keluarga Taman BMJ Pekon Wonodadi

seperti volume dan pola jaringan irigasi, masalah pemasaran dan harga hasil produksi dari para petani hidroponik,” ungkapnya.

“Hal ini merupakan masukan yang luar biasa buat kami, sebagai referensi dasar berpikir yang lebih obyektif dan lebih riil sehingga kami bisa berpikir kebijakan apa yang lebih sesuai dengan harapan,”

Pertanian hidroponik didesa Pekondoh bernama Hidroponik Anjung Sikuk, yang berlokasi Didesa Pekondoh Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran.

Besar harapan kami pertanian hidroponik ini dapat dikembangkan disetiap desa yang ada di Pesawaran dengan dukungan dari semua pihak terkait terlebih Pemkab Pesawaran, seperti Rumah Hidro Agung yang mendapat perhatian penuh dari Pemkab Pringsewu.

dan untuk pertanian hidroponik didesa Pekondoh dan desa lainnya dapat menjadi desa Agrowisata seperti di Hidro agung desa Jati agung Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, serta mewujudkan Program Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, dalam mewujudkan Desa Tangguh Mandiri melalui program Satu Destinasi Wisata dalam satu Desa, harapnya. (Yudhi)