Nama Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan Diabadikan Jadi Nama Balai Wartawan PWI Tubaba

79

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Nama tokoh pers nasional yang juga mantan Ketua Dewan Pers Prof. Bagir Manan akan diabadikan sebagai nama Balai Wartawan Sekretariat PWI Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang berlokasi di Kawasan Kota Budaya Ulluan Nughik-Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Prof. Bagir Manan merupakan putra daerah asal Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba-Lampung.

Balai Wartawan Sekretariat PWI Tubaba dibangun pada tahun 2019 sebagai bentuk kepedulian Pemkab Tubaba terhadap pers di daerah setempat.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021 ini, Balai Wartawan Prof. Bagir Manan akan diresmikan langsung oleh Bupati Tubaba, Hi. Umar Ahmad, SP.

Ketua PWI Tubaba, Edi Zulkarnaen mengatakan, sebelum nama Prof. Bagir Manan ditetapkan untuk diabadikan sebagai nama Balai Wartawan Sekretariat PWI Tubaba, pihaknya telah meminta pendapat dan masukan dari berbagai pihak. Beberapa nama muncul menjadi pilihan, namun sebagian besar cenderung setuju dengan nama Prof. Bagir Manan.

BACA JUGA:  2021, Tubaba Terapkan Belanja Koran dan Advertorial Satu Pintu

“Alhamdulillah, termasuk Pak Bupati Umar Ahmad juga setuju. Bahkan, pada tahun 2019 kami telah menemui langsung Prof. Bagir Manan dan beliau pun mengizinkan namanya dipakai untuk nama balai wartawan kita. Besok (9/2), bertepatan dengan Puncak Peringatan HPN, Balai Wartawan Prof. Bagir Manan akan diresmikan,”ungkapnya, di sela-sela persiapan peringatan Puncak HPN 2021, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, berbagai hal juga menjadi pertimbangan hingga diputuskan nama Prof. Bagir Manan ditetapkan sebagai nama balai wartawan tersebut. Pertama, beliau adalah tokoh pers nasional yang dipercaya menduduki kursi Ketua Dewan Pers selama dua periode (2010-2013/2013-2016). Bahkan sebelumnya, Prof. Bagir Manan juga pernah menduduki kursi Ketua Mahkamah Agung periode 2001-2008.

BACA JUGA:  Sekda Tulang Bawang Lantik 21 Pejabat Eselon III dan IV

“Hal itu menjadi sebuah kebanggan bagi kita semua, sebab seorang putra daerah memegang peranan penting di tingkat nasional. Atas dasar itulah kami sepakat menetapkan nama beliau diabadikan sebagai nama Balai Wartawan Sekretariat PWI Tubaba,” akunya.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Umar Ahmad dan Pemkab Tubaba yang telah membangun balai wartawan ini.

”Secara khusus, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. Bagir Manan yang bersedia dan mengizinkan namanya diabadikan menjadi nama balai wartawan kita,”tutupnya. (dra/holidin/elan)