1.073 KPM di Tulang Bawang Mulai Terima BLT Dana Desa Tahun 2021

5

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Sebanyak 1.073 keluarga penerima manfaat (KPM) di Tulang Bawang (Tuba) mulai menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahun 2021.

“BLT Dana Desa, pada Januari ini akan dibagikan kepada 1.073 KPM dimana penyaluran sudah mulai dilakukan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Tuba, Yen Dahren, Rabu (10/2/2021).

Diakatakannya, setiap KPM nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 ribu, dan Pemkab Tuba siap menyalurkan anggaran Rp321.900.000 untuk 1.073 KPM di 33 kampung.

Dijelaskan Yen Dahren, kampung-kampung yang saat ini mendapatkan BLT Dana Desa
tersebar di 7 kecamatan yakni, Banjaragung 11 kampung, Banjarbaru 8 kampung, Gedungaji 4 kampung, Penawaraji 1 kampung, Rawajitu Selatan 2 kampung, Gedungmeneng 1 kampung, dan Menggala Timur 6 kampung.

BACA JUGA:  Imbas Pandemi Corona, 44 Tenaga Kerja di Lampung Barat di-PHK

“Saya berharap BLT Dana Desa ini, nantinya dapat berguna dan.dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para KPM,” ujar Yen Dahren.

Ditambahkannya, untuk kategori penerima BLT Dana Desa, Pemkab Tuba melakukan pendataan tentang kondisi warga di kampung, berdasarkan hasil musyawarah yang dilakukan oleh masing-masing pemerintahan kampung.

Untuk diketahui, Dana Desa tahap I sebesar 40 persen Kabupaten Tuba telah mulai disalurkan untuk 33 kampung. Penggunaan Dana Desa sendiri telah diatur, yakni sebagian besar untuk BLT sebesar Rp300/KPM, kegiatan padat karya tunai desa seperti bersih-bersih desa atau gotong royong, penanganan Covid-19 (penyemprotan desinfektan, pembelian sabun, masker atau hand sanitizer) serta kegiatan pencegahan stunting (bayi dan balita pendek) seperti pembelian makanan tambahan berupa susu, dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Barat Terbitkan SE Idul Adha Tanpa Sampah

Kemudian, Kabupaten Tuba menjadi kabupaten pertama di Lampung yang sudah mulai menyalurkan Dana Desa, dan BLT Dana Desa. Bahkan, penyaluran secara simbolis telah dilakukan oleh Bupati Winarti di Balai Kampung Pancakarsa Purnajaya, Kamis (4/2/2021) silam. (*)