Gali Potensi Potensi Pajak-Retribusi JTTS, BPPRD Optimis PAD Tubaba 2021 Lampaui Target

45

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Untuk mengoptimalkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melakukan peninjauan potensi pajak dan retribusi ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Kecamatan Lambu Kibang dan Way Kenanga, tepatnya di rest area KM 208 dan 215, Selasa (16/02/2021).

“Setelah kita melakukan peninjauan untuk penggalian potensi sumber PAD. Mungkin untuk langkah awal, kita akan melakukan penjadwalan pendataan ulang, baik itu untuk pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak reklame, rumah makan, dan pajak parkir serta pajak air bawah tanah,” kata Kepala BPPRD Tubaba Aria Sesunan didampingi Kabid Pendaftaran, Perhitungan dan Penetapan Retribis Daerah, Jimmy Robinsyah, kepada wartawan, Selasa (16/02/2021).

BACA JUGA:  Hari Bakhti Adhyaksa ke 60, Bupati Lamtim Serahkan Benih Ikan di Way Bungur

Dia mengungkapkan, BPPRD kabupaten setempat optimis bahwa pada tahun 2021 pencapaian pajak bisa melebihi target.

” Berdasarkan hasil peninjauan, insyaallah kita bisa melebihi target, karena banyak sekali potensi-potensi sumber PAD. Seperti, pajak rumah makan dan reklame serta pajak lainnya,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, target pencapaian PBB Kabupaten Tubaba pada tahun 2021 mencapai Rp18, 2 miliar.

Ditempat terpisah, Perwakilan Kepala PT. HK Daniel mengatakan, pada tahun 2020, pihaknya baru membayar PBB saja. Sementara untuk retribusi, pajak reklame dan parkir serta pajak restoran (Rumah Makan) untuk saat ini belum dibayarkan.

BACA JUGA:  Oknum Anggota Polres Lambar Digerebek Selingkuh, Wakapolres: Masih Dugaan

“Tahun kemarin (2020-red) kita sudah membayar PBB. Sementara, untuk pajak lainnya masih gratis,” kata dia.

Untuk itu, Daniel berharap agar pihaknya dan Pemkab Tubaba bisa bersinergi dalam meluruskan masalah perpajakan dan mendukung kemajuan segala macam jenis usaha yang ada di JTTS tersebut agar pihaknya bisa terus berkontribusi dengan Pemkab Tubaba.

“Harapan saya Pemkab Tubaba bisa bekerjasama dalam mendukung bisnis-bisnis yang ada di rest area ini,” harapnya. (dra/holidin/elan)