Realisasi BLT-DD 2021 di Lampung Barat Tunggu Dana Desa Cair

75

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) kembali mengeluarkan kebijakan yakni mewajibkan seluruh Desa untuk menganggarkan sebagian Dana Desa tahun anggaran 2021 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal tersebut merupakan lanjutan dari apa yang sudah dijalankan pada tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2020 lalu sebagian Dana Desa direalisasikan untuk BLT DD yang ditujukan kepada masyarakat terdampak Covid-19 dengan besaran Rp 600 ribu perbulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kabid Pemerintahan Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Rusfel Gultom mengatakan, yang berbeda kali adalah besaran yang akan diterima setiap KPM yang sudah ditentukan, jika pada tahun 2020 lalu setiap KPM menerima sebesar Rp 600 ribu perbulan, maka tahun ini setiap KPM hanya akan menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu perbulan.

BACA JUGA:  Matangkan Persiapan Musrenbang, Kecamatan Tumijajar Tubaba Gelar Rapat Koordinasi

“Tahun ini BLT-DD akan direalisasikan hingga bulan Desember mendatang, hanya saja untuk tahun ini Jangankan realisasi BLT-DD, Dana Desa nya pun belum cair. Saat ini Pekon masih melakukan penyusunan APBP,” ungkap Rusfel mendampingi Kepala Dinas PMP Lambar Noviardi Kuswan, Rabu (17/2/2021).

Dana Desa tahun 2021 saat ini kata Rusfel masih tahap proses, bahkan laporan pertanggungjawaban tahun 2020 saja belum selesai, dan mudah-mudahan di pertengahan bulan Maret nanti sudah mulai pengusulan pencairan.

BACA JUGA:  Wabup Tubaba Buka Musrenbang Penyusunan RKPD 2021

“Masyarakat tidak perlu khawatir, ketika sudah ditetapkan sebagai penerima BLT-DD oleh pemerintah Pekon, nantinya saat pencairan maka akan langsung menerima untuk dua atau tiga bulan terhitung sejak Januari 2021,” jelas Ruspel.

“Jika BLT-DD diberikan di bulan Februari ini maka masyarakat berhak menerima untuk dua bulan, seterusnya jika diberikan di bulan Maret maka langsung menerima Tiga bulan, apabila di Bulan April pun demikian dan seterusnya,” pungkasnya. (Hendri)