Tersandung Kasus Laporan Palsu, Oknum Anggota DPRD Tubaba Ditahan Polisi

217

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Satuan Reserse Kriminal Polres Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengamankan seorang oknum anggota DPRD kabupaten setempat, terkait pembuatan laporan palsu tentang tuduhan perbuatan asusila terhadap seorang mahasiswi berinisial EL (29) warga Desa Padang Rejo, Kecamatan Pubian, kabupaten Lampung Tengah.

Oknum anggota DPRD Tubaba tersebut berinisial SDM (55) warga Tiyuh Wonorejo, Rt 09 Rw 03 Kecamatan Gunung Agung, Kamis (19/2/2021).

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Hadi Saepul Rahman melalui Kasat Reskrim Iptu Andre Try Putra mengatakan pada Rabu, 15 April 2020, sekira pukul 17.30 Wib, tersangka datang ke SPKT Polres Tubaba didampingi dua pensehat hukum, Yosep Arnoli SH dan Sanudi SH.

Saat itu, tersangka membuat laporan tindak pidana fitnah atau pencemaran nama baik terhadap dirinya, menyangkut berita yang beredar di media online dengan judul ‘Foto Syur Mirip Oknum Anggota DPRD Tubaba Berinisial SDM dengan Seorang Wanita Berinisial El di Kamar Hotel’.

BACA JUGA:  Satresnarkoba Polres Tuba Kembali Bekuk Dua Pelaku Pengedar Sabu

“Laporan SDM diterima dalam bentuk laporan polisi model B dengan sistem laporan Sislaphar,” ujar Andre.

Selanjutnya perkara tersebut ditindaklanjuti Satreskrim Polres Tubaba dan dilakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut.

“Penyidik menemukan perempuan berinisial EL yang mengaku jika foto tersebut adalah benar dirinya dengan seorang anggota DPRD bernama SDM,” jelas Andre.

El jufa mengaku jika foto tersebut diambil menggunakan ponsel milknya dan mengakui jika SDM telah menginap dua kali di Hotel berbeda, yakni Hotel Citra 3 di Kota Metro dan Hotel Indah Permai di Kabupaten Lampung Timur.

“Setelah itu penyidik mendatangi Hotel tempat mereka menginap dan menemukan nama SDM di buku tamu hotel dan memang benar pernah menginap di hotel tersebut bersama dan menemukan selimut serta sprai sesuai dengan yang ada di foto tersebut,” terang Andre.

BACA JUGA:  Ayah Perkosa Anak Tiri Sejak Korban Masih SD

Setelah itu penyidik melakukan gelar perkara atas laporan SDM tersebut dan sempat dilakukan Henti Lidik.

“Kemudian penyidik menindaklanjuti pelaporan palsu tersebut dengan membuat Laporan Polisi Model A,” ujar Andre.

Lalu pada Kamis, 18 Februari 2021, setelah dilakukan panggilan kedua terhadap tersangka.

SDM datang ke Polres Tulang Bawang Barat dan dilakukan pemeriksaan Penyidik Polres Tulang Bawang Barat. Selanjutnya dilakukan penahanan terhadap SDM di Mako Polres Tulang Bawang Barat guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Dengan ini terduga pelaku dengan inisial SDM kasus tindak pidana asusila terjerat pasal 242 KUHP ayat 3 tentang membuat Laporan Palsu dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara,” ungkap Andre. (dra/holidin/elan)