Kapolres Tubaba Launching Kampung Tangguh Nusantara Tiyuh Marga Kencana

86

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Kapolres Tulang Bawang Barat (Tubaba) me-launching Kampung Tangguh Nusantara Tiyuh Marga Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Udik, di Balai Tiyuh kampung setempat, Selasa(23/02/2021)

Hadir Dandim 0412 LU Letkol Inf.Hary Prabowo, Asisten 1 Kabupaten Tubaba Sofyan Nur, Camat Tulangbawang Udik Iwan Setiawan, Camat Tumijajar Erwan Syahroni, Nur Edi Kepalo Tiyuh, Kaur Tiyuh se-Tulangbawang Udik, tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh pemuda.

Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saeful Rahman mengatakan kriteria Kampung Tangguh Nusantara ada lima.

Tujuan pembentukan Kampung Tangguh guna melawan covid-19, sehingga bisa memutuskan mata rantai virus Corona juga.

“Kampung Tangguh ini maksudnya tangguh di semua bidang sesuai kriteria baik kesehatan, pangan dan lainnya, agar tiyuh-tiyuh mampu bangkit dan melawan covid-19 ini,” ujar kapolres.

BACA JUGA:  Satu Warga Pesawaran Positif Covid-19

Dia juga mengajak masyarakat Tulangbawang Barat agar terus mempertahankan dan lebih mengembangkan kriteria program kampung Tangguh Nusantara tersebut.

“Jadi bukan hanya tiyuh Marga Kencana saja, tetapi semua tiyuh di Tubaba juga harus jaga lima kriteria ini untuk menuju kampung Tangguh Nusantara. Bahkan bila perlu tambah lagi kriterianya agar Tubaba menjadi kabupaten yang tangguh di segala bidang,” harapnya.

Bupati Tulangbawang Barat dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten 1 Kabupaten Tubaba Sofian Nur mengatakan, kampung tangguh ini merupakan program nasional yang sudah berjalan dari tahun yang lalu. Filed project menjadi Kampung Tangguh.

“Nantinya kampung Tangguh ini akan kita kolaborasi dengan Desa Siaga, menuju kabupaten Tulangbawang Barat yang sehat,damai dan jaya yang selalu kita cita-citakan bersama,” paparnya. (Holidin/Elan)

BACA JUGA:  ASN Polres Tanggamus Ikuti HUT Korpri Ke-49 Secara Virtual

Ini Lima syarat Kriteria Tiyuh menjadi Kampung Tangguh Nusantara Yakni:

1.tangguh Kesehatan: dimasa Fandemi covid-19 masyarakat harus bisa mengikuti dan mematahui protokol Kesehatan.
2.tangguh kampung :harus tangguh secara ekonomi dan sosial
3.tangguh pendidikan: pandemi Covid19 tidak menghalangi di dunia pembelajaran, secara berkala melihat situasi status Zona.
4.Tangguh Bidang Keamanan:situasi Covid19 tidak boleh membuat kita lengah di lingkungan , program keamanan seperti ronda harus terus berjalan dan tetap prokes
5.Tangguh Informasi dan Bencana, Pemerintah kabupaten Tulangbawang Barat mendukung kampung tangguh Nusantara, semua tiyuh di tubaba nantinya akan menjadi kampung Tangguh sesuai dengan kriteria.