Personel Propam Polres Lamteng Jalani Pemeriksaan Tes Urine

29

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Personel Propam Polres Lampung Tengah (Lamteng) di tes urine terlebih dahulu sebelum melaksanakan penegakan disiplin (Gaktiplin) ke personel Polres dan Polsek jajaran.

Menurut Kasi Propam IPDA Hairil Rizal mewakili Kapolres Lamtemg, AKBP Popon Ardianto Sunggoro SIK telah melaksanakan test urine bagi personelnya. Karena, jika terbukti terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba personel tersebut bisa di PTDH.

Kasi Propam Polres Lamteng IPDA Hairil Rizal mengatakan, tes urine yang dilaksanakanya merupakan program Kapolri. Untuk itu, sebelum pihaknya memeriksa urine anggota lain, terlebih dahulu membersihkan personel Propam.

“Karena personel Propam menjadi contoh dan panutan personel lainya dalam menegakan Gatikplin,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kapolres Tanggamus Pantau Pemungutan Suara Pilkakon

Selain melaksanakan Gatikplin jelas IPDA Hairil, anggota Propam juga memberikan pemahaman kepada personel Polres Lamteng tentang Etika Profesi Polri yang diatur dalam Perkap No 14 Tahun 2011.Tentang Kode Etik Profesi Polri, Perkap No 19 tahun 2012. Tentang susunan dan tata kerja komisi kode etik profesi Polri serta PP RI No 1 tahun 2003. Tentang pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kegiatan ini menjadi Atensi dan contoh terkait dengan tindak lanjut personel Polri untuk memerangi Narkoba. Jangan sampai personilel Polri terlibat dalam peredaran, maupun sebagai pengguna Narkoba. Karena sanksinya Pidana bahkan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH),” tegasnya.

BACA JUGA:  SMAN 6 Metro Buka Kelas Khusus bagi Anak Putus Sekolah

Dalam melaksanakan Tes Urine terhadap personel Propam, kata IPDA Hairil pihaknya juga diawasi langsung oleh dr Denny Selendra dan Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Lamteng.

“Hasil Tes Urine delapan personel Propam Polres Lamteng semuanya negatif tidak ada kandungan Metaphethamin ataupun Amphetamin (Narkoba),” ujarnya.

Kasi Propam Polres Lamteng IPDA Hairil mengharapkan kegiatan ini menjadi fungsi pengawasan dan penegak aturan. Yang diawali dengan pengecekan sehingga personel Polres Lamteng benar–benar bersih dari Penyalahgunaan Narkoba.(gunawan)