Koramil 412-02 Sungkai Selatan Lampung Utara Hadiri Rakor Persiapan Vaksinasi Covid-19

33

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Puskesmas Karang Sari, kecamatan Muara Sungkai, kabupaten Lampung Utara, menggelar kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral terkait rencana pelaksanaan vaksinasi, di aula UPTD Puskesmas setempat, Rabu (03/03/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Muara Sungkai yang diwakili Sekcam Muara Sungkai, Iwan Purnama, Danramil Sungkai Selatan diwakili Babinsa 412-02, Serma Syaefudin, Kasubag Bidang Perencanaan dan Evaluasi Dinas Kesehatan Lampura, Jawuran Tamam, Kepala Puskesmas Karang Sari, Linda Mediawati beserta jajarannya, Kepala Desa se-Muara Sungkai, Bhabinkamtibmas Karang Sari, Bripka Adhea Riva, serta para Undangan.

Dalam sambutannya,Linda Mediawati
Menyampaikan visi dan misi UPTD Puskesmas Karang Sari, mewujudkan masyarakat Muara Sungkai yang sehat dan mandiri, masyarakat harus bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

Senada dengan itu, dolter umum Puskesmas Karang Sari, dokter Riddo Setiawan memaparkan tentang protokol kesehatan dan rencana persiapan vaksinasi di kecamatan Muara Sungkai.

BACA JUGA:  Bupati Pesawaran Tidak Hadiri Paripurna Reperda Pertanggungjawaban APBD 2019

dokter Riddo Setiawan juga menghimbau masyarakat dapat terapi budaya hidup sehat, dengan cara mengurangi mobilitas, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan media air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pelaksanaan vaksinasi, terang Riddo Setiawan, setelah dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes), akan dilanjutkan kepada para pelayan publik.

“Jangan takut atau ragu melaksanakan vaksinasi,” pintanya.

Disebutkan oleh Riddo Setiawan, sanitasi total berbasis Masyarakat (STBM), dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih ,masih banyak masyarakat menggunakan jamban yang belum memenuhi standar kelayakan, misal, di desa Banjar Negeri ada sejumlah 70 jamban cemplung, desa Negeri Ratu ada sejumlah 62 jamban cemplung, desa Negeri Ujung Karang ada terdapat 64 jamban cemplung, desa Bandar Agung ada sebanyak 54 jamban cemplung, desa Karang Mulya ada sejumlah 59 jamban cemplung, desa Karang Sakti ada sejumlah 84 jamban cemplung dan desa Pakuan Agung ada sejumlah 107 jamban cemplung.

BACA JUGA:  Soal Tuntutan Pelepasan Tanah Ulayat, Pemkab Way Kanan Mediasi Bara JP - PTPN 7 Blambangan Umpu

Ditambahkannya, ada sebanyak 4 desa yang sudah memiliki sertifikat stop buangan air besar sembarangan dan telah melaksanakan program jambanisasi, yaitu desa Karang Rejo II Tahun 2019, desa Sumber Agung Tahun 2019, desa Karang Sari Tahun 2020, desa Banjar Ratu Tahun 2020.

Mengenai program pelaksanaan suntik tetanis, Riddo Setiawan mengatakan bahwa penyampaian program pelaksanaan suntik imunisasi tetanus (TT) bagi calon pengantin (Catin) yang dilaksanakan di Puskesmas Karang Sari belum maksimal baru ada 5 desa yang sudah terlaksana di Muara Sungkai. (*/ica/dra)