Disdikbud Lampung Barat Kembali Sosialisasikan Beasiswa Seni

65

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), terus mensosialisasikan beasiswa pendidikan seni dimana tahun 2021 ini merupakan tahun kedua beasiswa tersebut disalurkan, dengan kuota sama dengan tahun pertama yakni untuk sepuluh orang.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Lambar Riadi Andriyanto mengungkapkapkan, untuk sosialisasi dilakukan dengan menyasar SMA sederajat di kabupaten setempat, dengan harapan kuota tahun ini yaki untuk 10 orang bisa terpenuhi.

”Untuk tahun lalu kuota kami siapkan untuk sepuluh orang, hanya terpenuhi tujuh, dan tahun ini kami targetkan kuota tersebut bisa terpenuhi, karena itu kami lakukan sosialisasi kepada siswa secara langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah,” ungkap Riadi.

BACA JUGA:  Pemkab Lampung Utara Luncurkan Aplikasi Peduli Lindungi

Riadi menjelaskan, jika nantinya jumlah peminat lebih dari sepuluh orang, maka pihaknya akan melakukan seleksi kembali, selain itu kata dia, sebagai upaya pemerataan, untuk penerima beasiswa nantinya diutamakan dari sekolah-sekolah yang tahun sebelumnya belum menerima.

”Kalau tahun lalu dari SMAN 1 Belalau, SMAN 1 dan 2 Liwa, SMAN 1 Waytenong, dan SMAN 1 Sukau. Kalau ternyata tahun ini jumlah peminat banyak, tentu akan kami seleksi dan untuk pemerataan sekolah-sekolah yang belum, karena kuotanya hanya dibatasi sepuluh orang saja,” jelasnya.

Sebagai syarat penerima beasiswa merupakan anak-anak lulusan SMA sederajat di kabupaten setempat, lulus dalam seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

BACA JUGA:  Disdag Metro Cek Ketersediaan Bahan Pangan di Pasar

“Harus lulusan Lambar dan lolos seleksi tahun ini, kemudian kuotanya terbatas yakni hanya 10 orang, kemudian perlu diketahui biaya yang akan diberikan yakni hanya biaya semester saja,” kata dia.

Program beasiswa tersebut, kata dia, merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan. Tujuannya membantu masyarakat mewujudkan impian untuk bisa berkuliah.

”Program ini juga merupakan upaya pemerintah agar seni budaya yang ada di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih, Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung, kaya akan seni budaya,” pungkasnya. (Hendri)