Harga Singkong Anjlok, Bupati Lampung Tengah Cari Solusi dengan 27 Pengusaha Tapioka

466

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Musa Ahmad mengggelar Coffee Morning di Nuwo Balak dengan 27 pengusaha tapioka, guna mencari solusi untuk mendongkrak harga singkong yang selalu anjlok, Senin (8/3/2021).

Musa Ahmad bertekat dan terus berupaya untuk menjadikan Lamteng daerah yang Berjaya di Provinsi Lampung.

Ada beberapa faktor anjloknya harga singkong di pasaran, antara lain karena bibit yang ditanam bukanlah jenis unggul.

Hal itu disampaikan oleh salah satu pengusaha tapioka di Lampung Tengah pimpinan PT Karisma.

PT Karisma berharap kepada Pemda khususnya Dinas Pertanian agar kedepannya para petani singkong menggunakan pohon singkong jenis kaisar.

Menurutnya jika petani menanam pohon singkong jenis Kaisar akan menghasilkan hasil panen yang baik sehingga bisa menaikan harga jual dipasaran.

BACA JUGA:  WBP dan Petugas Rutan Kota Agung Ikuti Tes Urine Mendadak

Ia mengatakan selama ini kebanyakan petani Lampung Tengah menggunakan jenis singkong Thailand yang kurang bagus sehingga terdapat banyak potongan dan mengakibatkan harga singkong anjlok.

Para pengusaha berharap agar dinas terkait bisa mendengarkan dan memberikan arahan serta petunjuk terkait kepada para petani.

“Saat ini, rata-rata harga singkong dikisaran 800-900. Tentunya para petani juga berharap bisa mendapatkan harga singkong yang lebih tinggi, ” jelasnya.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, mengapresiasi usulan yang disampaikan oleh para pengusaha tapioka.

Bupati Lanteng Musa Ahmad, mengatakan dirinya sangat fokus terhadap bidang pertanian. Karena perekonomian Lampung Tengah bertumpu pada bidang pertanian.

BACA JUGA:  Rumah di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan Tubaba Ludes Dilalap Si Jago Merah, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Untuk itu Musa Ahmad , mengaku akan terus mengupayakan yang terbaik untuk petani. sehingga bidang pertanian khususnya petani singkong bisa sejahtera.

“Kita harus bekerja sama semua elemen, tidak bisa hanya satu pihak saja, saya akan upayakan yang terbaik untuk memajukan pertanian di Lampung Tengah tentu juga dengan kerjasama semua pihak,” ujar Musa Ahmad.

Mengingat Lampung Tengah, kata bupati adalah daerah penghasil singkong sehingga para petaninya harus sejahtera, untuk itu Musa juga mengajak agar para pengusaha ikut andil dalam menstabilkan harga singkong di Lamteng.

Musa Ahmad bertekad dan terus berupaya untuk menjadikan Kabupaten Lampung Tengah menjadi daerah yang terbaik dan berjaya di Provinsi Lampung. (Gunawan)