Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Bendungan Way Sekampung di Pringsewu

35

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Bendungan Way Sekampung berada di Desa Bumiratu, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu memakan anggaran sebesar Rp1,7 Triliun yang dibangun selama dua tahun (2018-2020) melalui dana APBN oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWSMS) Lampung tidak sesuai target Presiden RI Joko Widodo.

Jokowi sapaan akrabnya sebelumnya meminta pekerjaan bendungan bisa selesai di akhir 2020. Tetapi sayangnya tidak sesuai target. Mundur menjadi 2021.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin langsung turun tangan melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Senin (22/3/2021).

BACA JUGA:  Bupati Winarti Kembali Terima Penghargaan Kemenkop UKM

Dalam kesempatan itu, diperoleh penjelasan dari Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Jarot Widyoko bahwa progres pembangunan Way Sekampung telah mencapai 92,33% dan ditargetkan selesai pada Juli 2021.

Seperti diketahui, Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55.373 hektar. Selain itu, air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektare.

BACA JUGA:  Warga Jayasakti Gelar Doa Bersama Agar Terhindar Wabah Covid-19

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro. Kemudian, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 megawatt (MW).

Dalam kunjungan Wapres ini, juga terdapat paparan dari Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR Lampung Maria Doeni Isa, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Lampung A. Darmis. (*/Ayu)