Pemprov Lampung Lakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Selama 6 Bulan

70

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, akan melaksanakan pemutihan pajak kendaraan selam 6 bulan yakni, pada 1 April sampai dengan 30 September 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Bapenda Lampung, Adi Erlansyah kepada Headlinelampung, Rabu (24/3/2021).

“Nantinya pada tanggal 29 Maret 2021 akan dilakukan simulasi persiapan pemutihan di UPT Samsat Rajabasa, Pramuka Bandarlampung, ” tambah dia

Adi menjelaskan untuk pendaftaran bagi masyarakat Lampung yang ingin membayar pajak kendaraan di pemutihan ini bisa dilakukan secara online. Ini Khusus di kota Bandarlampung melalui pemutihanlampung.com yang akan dibuka sebelum sehari pelaksanaan.

“Nah disana nanti masyarakat mendaftar dan langsung mendapatkan jadwalnya. Mereka tinggal memilih tanggal kapan akan membayar pajak kendaraan tersebut selama tujuh hari atau seminggu, ” papar Adi.

BACA JUGA:  Jembatan Runtuh di Tubaba, Kadis BMBK Lampung: Memang Sudah Tua dan Overload

Menurutnya pembayaran dilaksanakan dengan tiga sip. Sip pertama pukul 08.00 s/d 10.00 WIB, sip kedua pukul 10.00 s/d 12.00 WIB dan terakhir pukul 13.00 s/d 15.00 WIB. Sedangkan untuk UPT Samsat yang berada di kabupaten kota lainnya sementara kita membuka pendaftaran secara manual.

Terkait konsep pemutihan kendaraan nantinya, masyarakat Lampung hanya membayar pajak satu tahun saja dan dibebaskan dari denda, ” kata dia

Lanjut Adi, sejauh ini menurut data Bapenda Lampung masih banyak kendaraan yang tidak taat membayar pajak. Kendaraan yang terdaftar di Provinsi Lampung untuk kendaraan roda dua sebanyak 2,9 juta kendaraan dan yang taat atau rajin membayar pajak hanya 873 ribu kendaraan. Jadi sisanya masih 2 juta kendaraan yang tidak membayar pajak. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebanyak 399 ribu kendaraan dan yang aktif atau rutin membayar pajak kendaraan sebanyak 295 ribu kendaraan. Jadi masih ada sekitar 100 ribuan kendaraan yang tidak membayar pajak,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kornelia Umar dan Devi Fauzi Kompak Kunker di Pagar Dewa Tubaba

“Tetapi Kendaraan yang tidak bayar pajak dipilah-pilah juga apakah karena rusak (tidak layak lagi) atau dicuri orang. Dan ada yang masih dipakai, namun enggak taat membayar pajak,” tambah dia.

Masih kata dia, tujuan pelaksanaan pemutihan selama 6 bulan dengan alasan memberikan harapan masyarakat agar bisa membayar pajak dan menjaga protokol kesehatan (prokes). Sementara bagi masyarakat yang tidak paham dengan pendaftaran online bisa langsung datang ke kantor UPT Samsat disitu ada petugas kita, ” ungkapnya. (Ayu)