Bupati Sujadi Serahkan Akta Notaris Pokdakan Pringsewu

15

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Sebanyak 12 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pringsewu menerima akta notaris dan SK Menkumhamkan Tahun 2020.

Penyerahan Akta notaris dan SK Menkumhamkan, yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pringsewu, Sujadi bertempat di Pokdakan Tinem Langgeng Makmur, Jalan Palapa Gunung Kancil, Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu, Rabu (24/3/2021).

Bupati Pringsewu, Sujadi mengatakan Akta notaris bertujuan memberikan legalitas kepada kelompok pokdakan.

“Dengan akte notaris maka pokdakan memiliki posisi tawar yang lebih tinggi. Misalnya pokdakan yang memproduksi pakan ikan maka akan memiliki tingkat kepercayaan lebih dari pembeli,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian menyebutkan di Pringsewu sudah ada 2 Pokdakan telah memiliki sertifikat cara pembuatan pakan ikan yang baik (CPPIB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yakni, Pokdakan Tinem Langgeng Makmur (TLM) dan Mitra Patin.

BACA JUGA:  Halal Bihalal GOW Lamteng, Ini Pesan Bupati

Menurutnya, pentingnya sertifikat CPPIB bagi unit produksi pakan ikan. CPPIB diperlukan sebagai bukti bahwa pakan ikan yang dihasilkan telah memenuhi standar mutu dan persyaratan teknis yang telah ditetapkan.

“Semuanya dalam rangka menjamin mutu produk dan pada akhirnya ada keterjaminan keamanan pangan bagi produk hasil budidaya ikan itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan salah satu program 100 hari Kapolri dibidang ekonomi.

BACA JUGA:  Johnny Corne: Pembangunan GOR dan Museum Tapis Penuh Perhitungan

“Polri siap membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya adalah dibidang perikanan,” ujarnya.

Setelah menyerahkan akte notaris, Bupati Sujadi meninjau proses pembuatan pakan ikan milik Pokdakan Tinem Langgeng Makmur.

Bupati Sujadi juga mengapresiasi proses pembuatan pakan ikan yang dilakukan oleh Pokdakan Tinem Langgeng Makmur.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Suherman, Kadis Koperindag, Bambang Suhermanu, Camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla, HIMPI, Bank Lampung Cabang Pringsewu. (Yono)