Pemprov Lampung Bersama Kabupaten/Kota Kembali Gelar Musda LPTQ Persiapan MTQ 2021

29

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Provinsi Lampung kembali menggelar pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) ke-XVI
Lembaga Pengembangan Tilawah Al-Qur’an (LPTQ) tahun 2021. Sebelumnya tidak ada kegiatan Musda pada tahun 2020 akibat Pandemi Covid-19.

Ketua Umum LPTQ Lampung, Qodratur Ikhwan selaku Asisten 1 Bidang Kesejahteraan rakyat mengatakan pada Tahun 2020 Provinsi Lampung tidak menyelenggarakan MTQ Tingkat Provinsi Lampung akibat pandemi Covid-19. Namun Alhamdulillah, pada Pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 Tahun 2020 Di Sumatera Barat Kota Padang, Provinsi Lampung berhasil menempati peringkat ke-13 dari 34 Provinsi dan menorehkan prestasi medali emas, perunggu dan 7 orang juara harapan.

“Ini merupakan hasil dari sinergi Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, LPTQ dan Kementerian Agama Provinsi Lampung, ” kata dia kepada Headlinelampung, Selasa (24/3/2021).

Qodratur menjelaskan bahwa Bapak Gubernur Lampung telah memberikan Apresiasi dan penghargaan kepada para juara, masing-masing, juara 1 diberikan uang pembinaan Rp.25.000.000 , juara 3 Rp.15.000.000, dan harapan Rp. 10.000.000.

BACA JUGA:  Jadi Pendaftar Pertama Calon Kakam Tanjung Dalom, Iwan Fatra Nyatakan Siap Bersaing Secara Sehat

“Semoga bisa ditingkatkan menjadi penyemangat para calon juara berikutnya, ” ajak dia

Kami menyadari bahwa terlaksananya MUSDA ini tidak terlepas dari bantuan semua pihak, terutama Bapak Gubernur Lampung, Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang telah memberikan arahan, bimbingan, dan petunjuk, sehingga pelaksanaan MUSDA ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Begitu juga kepada seluruh panitia dan berbagai pihak yang telah membantu dan berkerja sama dengan baik, ” katanya

Dari hasil kesepakatan bersama dalam Musyawarah Daerah Lembaga Pengembangan Tilawah Al-Qur’an memutuskan Kabupaten Pringsewu sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2021 yang dilaksanakan pada bulan November.

BACA JUGA:  Update Kasus Covid-19 Lampung 8 Juni 2020: Positif Corona Terus Meningkat, PDP Meninggal dan Bertambah Tiga

Sementara itu menurut kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung, Ria Andari, Musda ini merupakan evaluasi Musda tahun sebelumnya. Tahun ini 2021 akan kita persiapan kembali kegiatan yang sempat tidak terlaksana pada tahun 2020 kemarin.

Salah satunya MTQ yang ditahun 2020 tidak diadakan. Alhamdulillah tahun 2021 akan diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu sebagai tuan rumah yang insyaallah dilaksanakan pada bulan November. Semua kabupaten kota siap, ” kata Ria

Sementara terkait persiapan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara pada bulan Oktober. Pemprov Lampung bersama kabupaten kota juga siap melakukan
seleksi peserta yang akan dikirim kesana. Namun seleksi tetap dilaksanakan terbatas dan segera akan dilakukan, ” tutup dia. (Ayu)