Pemkab Mesuji Sosialisasikan Virtual Sistem Legal Drafting

56

HEADLINELAMPUNG, MESUJI-Upaya permudah penyusunan Produk Hukum Daerah, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji mengelar Sosialisasi Virtual Sistem Legal Drafting (SiGaling).

Sosialisasi tersebut digelar secara virtual yang terpusat di Ruang Aula Wakil Bupati pada Kamis (25/03/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Mesuji, Saply diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Indra Kusuma Wijaya, didampingi oleh Kepala Bagian Hukum, Muzairi, pemateri dari CV. Icon Global Indonesia dari Kota Bogor melalui Virtual dan 45 orang Peserta.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, Muzairi memaparkan, tujuan dari sistem Legal Drafting tersebut ialah melaksanakan segala bentuk penyusunan produk hukum, meminimalisir proses manual, serta mempermudah setiap unsur dalam mengamati setiap proses penyusunan.

BACA JUGA:  Alhamdulillah, Pasien Positif Covid-19 Pertama di Mesuji Sembuh

“SiGaling ini adalah pemanfaatan sistem elektronik untuk mempermudah pelaksanaan segala bentuk penyusunan produk hukum Daerah,” jelas Muzairi.

Pada kesempatan yang sama, Saat sampaikan sambutan Bupati, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra sebutkan Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Telah mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk dapat mentransformasikan Sistem Pemerintahannya menggunakan Sistem yang berbasis elektronik.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji ditengah segala keterbatasannya selalu berupaya untuk mewujudkan amanat Perpres tersebut, pada kesempatan ini kita jelaskan bahwa SiGaling merupakan salah satu wujud produk dari beberapa produk yang dapat menunjang fungsi Pemerintahan dengan basis elektronik,” ucap Indra.

BACA JUGA:  Persiapan Festival Bambu Tubaba Sudah Mencapai 99 Persen

Ia menambahkan, berinapresiasi kepada Sekretaris Daerah melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah atas upayanya untuk berinovasi menghasilkan Produk yang dapat menunjang Fungsi Pemerintahan.

“Kami apresiasi kepada Sekretaris Daerah melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah atas upaya nya untuk berinovasi menghasilkan Produk yang dapat menunjang Fungsi Pemerintahan melalui SiGaling yang akan kita Sosialisasikan pada hari ini,” tambah Indra. (Rangga)